Cerita Penumpang Pesawat Malaysia Airlines Yang Tiba-tiba Menukik, Mengerikan

KLIKNUSAE.com – Cerita penumpang pesawat Malaysia Airlines (MAS) sungguh mengerikan. Bagaimana tidak, tiba-tiba pesawat menukik.

Jatuh dari ketinggian 31.000 kaki menjadi 24.000 kaki dalam hitungan detik. Penumpang ada yang terhempas, terpelanting dan berhamburan seperti kapas didalam kabin.

Peristiwa itu terjadi dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Tawau di Sabah. Saat itu, cuaca buruk yang dilaporkan pesawat melayang ekstrem beberapa ribu kaki di udara, pada  Minggu 3 April 2022.

Halimah Nasoha, salah satu penumpang dalam pesawat tersebut menulis dalam sebuah posting Facebook Senin 4 April 2022 bahwa dirinya naik penerbangan MH2664 pada hari Minggu pukul 14.30 waktu setempat.

BACA JUGA: Filipina Tutup Akses Wisata Bagi Malaysia dan Thailand

Dia mengeklaim bahwa sekitar pukul 15.03, menurut situs FlightRadar24, pesawat tiba-tiba jatuh dari ketinggian 31.000 kaki menjadi 24.000 kaki dalam hitungan detik.

“Saya terlempar-lempar beberapa kali karena tidak mengenakan sabuk pengaman. Saat itu, kami diizinkan melepaskan sabuk pengaman kami,” cerita penumpang pesawat Malaysia itu seperti dilansir Channel News Asia.

“Para penumpang berteriak dan menangis. Rasanya seperti kita akan mati,” ungkapnya.

Pemeriksaan di Situs Web FlightRadar24

Pemeriksaan di situs web FlightRadar24 menunjukkan bahwa pada pukul 7.07 pagi (UTC), ketinggian pesawat mencapai 25.000 kaki.

BACA JUGA: Bali Segera Dibanjiri Maskapai Luar, Ini Kata Sandiaga Uno

Dalam waktu kurang dari satu menit, ketinggian turun menjadi 23.375 kaki sebelum naik kembali ke 25.450 kaki tepat sebelum pukul 7.09 pagi.

Penumpang tersebut menambahkan bahwa selanjutnya, pesawat melakukan putaran balik dan terbang di sekitar kawasan Melaka sebelum menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Dia lalu mengambil penerbangan lain pada Minggu malam dan dengan selamat mencapai Tawau pada pukul 21.50.

BACA JUGA: Tak Harus Antre, Begini Cara Check In Online Maskapai Indonesia

“Tidak semua orang yang telah melalui pengalaman seperti ini dapat hidup untuk berbagi cerita mereka, dan untuk itu saya bersyukur. Terima kasih kepada pilot yang berhasil mengendalikan pesawat dan menyelamatkan kami,” ungkapnya.

MAS mengatakan pada Rabu (6/4/2022) bahwa pesawat “melakukan putaran udara kembali karena masalah teknis dengan pesawat, ditambah dengan cuaca buruk dalam perjalanan”.

“Sebagai tindakan pencegahan, pilot membuat keputusan untuk kembali ke Kuala Lumpur demi keselamatan penumpang. Pesawat mendarat dengan selamat di Kuala Lumpur pada pukul 17.03.”

BACA JUGA: Penumpang di Bandara Haluoleo Naik Tajam, Ini Pemicunya

Pilot dan Proses Kelaikan Udara

Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) menulis dalam sebuah pernyataan pada Selasa (5/4/2022) bahwa pihaknya telah melakukan kontak dekat dengan MAS untuk memastikan semua masalah keselamatan teknis ditangani sesuai dengan prosedur dan peraturan keselamatan.

Ini termasuk tanggapan pilot dan proses kelaikan udara untuk jenis pesawat.

Sebagaimana diketahui, maskapai penerbangan Malaysia Airlines adalah maskapai penerbangan nasional Malaysia yang melayani berbagai rute domestik dan internasional. Pusat operasinya berada di Kuala Lumpur International Airport (KLIA).

BACA JUGA: Ini Toh Yang Membuat Penyebab Penumpang Pesawat Domestik Turun

Setelah Singapura memisahkan diri dari Federasi Malaysia tahun 1965. Hanya dalam kurun waktu 6 Tahun saja, Malaysia-Singapore Airlines yang dibentuk sebelum kedua Negara tersebut benar-benar terpisah.

Maskapai ini menjadi tempat perdebatan kedua Negara seusai negara kecil tersebut berpisah yang menyebabkan MSA harus juga dipisah.

Ketika itu,  Malaysia menginginkan fokus rute dikembangkan ke arah domestik, sementara Singapura berfokus pada rute Internasional.

Akhirnya, pada Tahun 1972 kedua pemerintah yang berkepentingan, secara resmi memisahkan operasi manajemen. ***

Sumber: Kompas.com

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya