Penumpang Kereta Api Saat Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih Melonjak Dratis

KLIKNUSAE.com – Memasuki libur panjang Kenaikan Isa Almasih 2024, antusiasme masyarakat terhadap perjalanan kereta api di stasiun-stasiun Jakarta meningkat pesat.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat lonjakan yang signifikan dalam jumlah penumpang yang memilih kereta sebagai sarana transportasi utama mereka.

Dari Rabu hingga Sabtu, sebanyak 37.250 penumpang memulai perjalanan mereka dari Stasiun Gambir, dengan rata-rata 9.312 penumpang per hari.

Sementara itu, Stasiun Pasar Senen mencatat jumlah impresif 55.941 penumpang berangkat, atau sekitar 13.985 penumpang setiap harinya.

BACA JUGA: PT KAI: Pengguna Kereta Jarak Jauh yang Sedang Hamil tak Perlu Khawatir

Menurut Joni Martinus, VP Public Relations KAI, lonjakan ini mencapai lebih dari dua kali lipat dari jumlah penumpang yang biasa ditemui pada hari-hari biasa.

Puncaknya terjadi pada Kamis, dengan 12.748 penumpang memilih Gambir sebagai titik awal perjalanan mereka, sementara 17.419 orang memulai perjalanan dari Pasar Senen.

Sementara itu untuk mengantisipasi kehabisan tiket, Joni menganjurkan masyarakat untuk segera membelinya melalui berbagai platform yang bekerja sama dengan KAI. Seperti aplikasi Access by KAI, situs web resmi kai.id, dan saluran lainnya.

BACA JUGA: Sambut Libur Panjang PT KAI Tambah 16 Kereta Jarak Jauh

Fitur Connecting Train

“Bagi yang tidak mendapatkan tiket pada tanggal yang diinginkan, opsi perjalanan alternatif dan fitur Connecting Train dalam aplikasi Access by KAI menjadi solusi praktis yang ditawarkan,” kata Joni.

Rute-rute favorit masyarakat selama libur panjang ini antara lain Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp.

Kemudian, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, serta beberapa rute lainnya yang mendapat perhatian khusus.

KAI juga mengingatkan pelanggan agar mematuhi aturan pembawaan barang bawaan, dengan batas maksimal 20 kg atau volume 100 dm3.

BACA JUGA: PT KAI Luncurkan Kereta Makan Bernuansa Suite Class

Barang bawaan yang melebihi batas tersebut akan dikenakan biaya tambahan atau opsi untuk membeli tempat duduk ekstra.

Selain itu, KAI menegaskan larangan membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi, termasuk barang yang mudah terbakar, senjata api, narkotika, dan sejenisnya.

Tingginya minat masyarakat terhadap layanan kereta api selama libur panjang Kenaikan Isa Almasih menegaskan kepercayaan yang tinggi.

Khususnya, terhadap keamanan dan kenyamanan transportasi massal ini.

“Dengan demikian, momen liburan bersama keluarga atau orang terkasih dapat dinikmati dengan tenang dan menyenangkan,” tutup Joni.***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya