PT KAI Luncurkan Kereta Makan Bernuansa Suite Class

KLIKNUSAE.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempersembahkan inovasi baru dengan menghadirkan Kereta Makan bernuansa Suite Class.

Kereta yang dioperasikan kereta api Bima relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp sudah diluncurkan sejak Sabtu, 4 November 2023.

Selain itu, kereta makan serupa untuk KA Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan Desember 2023.

Kereta Makan bernuansa Suite Class ini akan menggantikan kereta makan sebelumnya yang terpasang di KA Bima dan KA Argo Semeru.

BACA JUGA: Reaktivasi Kereta Api Sawahluto-Muaro Kalaban Padang Hidupkan Pariwisata Baru

Desain Kereta Makan ini dibuat menyerupai Kereta Suite Class Compartment, sehingga seluruh pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru akan dapat menikmati hidangan mereka dengan nuansa yang lebih mewah.

Sementara itu Joni Martinus, VP Public Relations KAI, menjelaskan hadirnya Kereta Makan bernuansa Suite Class ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru.

“Baik pelanggan Kereta Suite Class Compartment maupun kereta kelas eksekutif dapat menikmati fasilitas baru ini,” katanya seperti dikutip dari keterangan persnya hari ini, Senin 6 November 2023.

Desain interior kereta makan ini mengusung tema “Nature with Harmony,” dengan memadukan warna dan motif alam serta unsur kearifan budaya nasional.

BACA JUGA: Tiket Murah Kereta Daop 3 Cirebon untuk Berwisata, Ini Daftarnya

Motif Lingkar Borobudur

Di lorong kereta makan, terdapat motif lingkar Borobudur dengan sudut pandang dari atas yang terangkai, menggunakan warna toska.

Warna toska mencerminkan alam dengan nuansa hijau bumi dan biru laut samudera, menciptakan kesan yang sejuk.

Motif Borobudur mencerminkan konsep kosmos dengan struktur dan tata letaknya yang melambangkan alam. Serta, perjalanan menuju pencerahan atau kejayaan.

Sedangkan pada plafon, kereta Suite Class ini menggunakan ukiran Perisai Talawang dari kayu. Dengan motif Burung Enggang yang dianggap suci dan gagah.

Motif ini memiliki filosofi perlindungan diri sekaligus meningkatkan keberanian dan tekad keras dalam mencapai cita-cita.

BACA JUGA: Bersih dari Calo, Pasar Baru Lebih Nyaman Bagi Wisatawan dan Pedagang

Ramah Lingkungan

Ornamen lantai menggunakan material tahan air dan ramah lingkungan dengan motif kayu.

Fasilitas yang tersedia juga telah diperbarui, termasuk sofa yang lebih empuk dan nyaman, musala yang lebih mewah dan dilengkapi dengan tempat wudu.

Juga, display menu, area pemesanan yang lebih apik, serta peralatan masak yang modern dan baru.

Joni menambahkan Kereta Makan bernuansa Suite Class ini merupakan hasil modifikasi KAI di Balai Yasa Manggarai dengan waktu pengerjaan selama 45 hari kerja.

BACA JUGA: Kereta Cepat Indonesia Buka Lowongan Pekerjaan Buat Posisi Ini

“Ke depan, KAI akan menambah fitur baru khusus bagi pelanggan Kereta Suite Class Compartment. Seperti pemesanan menu makanan melalui Video on Demand (VOD) di kompartemen masing-masing. Sehingga pelayanan akan semakin eksklusif,” papar Joni.

Sejak diresmikan pada 10 Oktober 2023, masyarakat telah menunjukkan antusiasme besar dalam menggunakan Kereta Suite Class Compartment.

Dalam periode 10 Oktober hingga 2 November 2023, terdapat total 1.798 pelanggan yang menikmati fasilitas ini, dengan 799 pelanggan di KA Bima dan 999 pelanggan di KA Argo Semeru.

“Diharapkan dengan kehadiran Kereta Makan bernuansa Suite Class ini, minat masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai transportasi massal akan semakin meningkat,” pungkas Joni. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya