Sandiaga Uno Inginkan KEK Mandeh Jadi Unggulan Wisata Bahari

SUMBAR, Kliknusae.com –  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan dukungan penuh terhadap program pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandeh yang terletak di Bukit Ameh Mandeh, Sumatera Barat.

Hal itu ia sampaikan saat mengunjungi dan melihat langsung kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (23/4/2021)

“Nantinya, kita akan sukseskan program KEK Mandeh dalam kemajuan wisata yang berbasis alam, bahari dan juga berbasis budaya,” kata Sandiaga Uno saat wawancara dengan awak media di Pantai Carocok Painan, hari ini.

Diketahui, KEK Mandeh sebelumnya dirancang sejak kedatangan Presiden RI Jokowi pada 2014, orang nomor satu di Indonesia itu mengarahkan kawasan wisata mandeh dijadikan KEK melihat kawasan strategis yang ada di daerah tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh yang terletak di Bukit Ameh Mandeh, Sumatera Barat, Jumat (23/4/2021)

Dalam hal itu pemerintah daerah mengajukan permohonan KEK Mandeh ke Menteri Pariwisata pada 2017 dengan nilai investasi 5 triliun, namun sampai kini realisasi untuk perkembangan KEK Mandeh masih belum jelas.

Kendati demikian, kata Menteri Sandiaga, untuk mewujudkan semua itu tentu butuh kolaborasi dengan beberapa pihak. Terutama, dari pemerintah daerah, provinsi dan DPR RI yang berada di pusat.

“Ya, kita sudah berbincang-bincang tadi dengan bapak Andre Rosiade yang ikut hadir hari ini. Kita butuh kolaborasi mulai dari bawah sampai ke pusat,” tutur Sandi menjawab beberapa poin pertanyaan awak media.

Selain itu menurutnya, perlu juga kembali dijalankan program-program pengembangan kawasan wisata yang tertunda seperti, rumah-rumah home stay dan kampung wisata dan perkembangan lainnya yang ada di daerah.

“Jadi, kita perlu memetakan beberapa kawasan strategis dan persiapan kawasan wisata dalam menunjang kawasan wisata Pesisir Selatan, yang lebih mendunia dengan keindahan alamnya, pantai dan kekayaan budaya yang dimiliki Pessel,” ucapnya.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya