Lengkapnya Destinasi Wisata di Purwakarta, Ada Museum hingga Tebing!

Kliknusae.com – Purwakarta diam-diam menyimpan destinasi wisata yang asyik. Mulai dari ragam wisata alam hingga museum. Purwakarta disebut sebagai kota pensiun, karena letaknya yang cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Jika kamu berencana liburan ke purwakarta, berikut daftar tempat wisata di Purwakata yang lengkap banget!

Parang Gombong

Di Parang Gombong, kamu bisa berkemah. Kamu akan disuguhi pemandangan indah dari danau yang luas, rumput hijau, dan pegunungan.

Parang Gombong memberikan pesona matahari terbit maupun tenggelam yang begitu menakjubkan. Lokasinya yakni di Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Selain pemandangan indah, tersedia pula spot untuk foto yang bagus, warung makan, serta mushala, dan toilet. Harga tiket masuknya gratis, bila berkemah tarifnya Rp10 ribu per orang. Tarif parkir motor yakni Rp10 ribu, sedangkan mobil Rp20 ribu.

Gunung Bongkok

Gunung Bongkok selain cocok untuk pendaki pemula, tempat ini juga menjadi lokasi berkemah karena memiliki ketinggian 985 mdpl dengan durasi waktu tempuh pendakian sekitar 2 jam.

Gunung Bongkok memiliki dua puncak untuk digapai, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpu. Gunung ini terletak di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Gunung Bongkok memiliki pemandangan yang begitu indah. Kamu bisa menikmati panorama Gunung Parang, Waduk Jatiluhur, dan Kota Purwakarta.

Panorama sunset dari sini juga sangat memukau. Untuk ke sini kamu harus membayar administrasi sebesar Rp12 ribu per orang serta tarif parkir Rp5 ribu untuk motor.

Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan memiliki nama lain Ujung Aspal, merupakan hutan pinus dengan panorama yang menakjubkan dan udara yang sejuk.

Tempat ini memiliki luas lahan sekitar 43 hektar, berada tak jauh dari pusat Kota Purwakarta, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Selain area camping, terdapat pula Pusakamulya Bike Park yang merupakan trek khusus olahraga downhill, Curug Pamoyanan dan Goa Jepang.

Harga tiket masuknya yakni Rp8 ribu per orang, dengan tarif parkir sebesar Rp5 ribu untuk motor, dan Rp10 ribu untuk mobil.

Wanakula Camp

Wanakula Camp terletak di kaki Gunung Sunda yang memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Bumi perkemahan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin camping bersama keluarga terutama yang membawa anak.

Tempat ini memiliki suasana yang nyaman dan sejuk, seperti rumah nenek di kampung halaman, dikelilingi persawahan dan rumah warga.

Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas, seperti membajak sawah, berkebun, bermain ke air terjun, barbekyu dan api unggun, hingga menikmati musik akustik.

Untuk penawaran paket camping 2 hari 1 malam di Wanakula Camp harganya Rp600 per orang, sudah termasuk makanan dan camilan, juga pemandu untuk menemani aktivitas. Sedangkan untuk paket gowes dipatok harga Rp850 ribu per orang, sudah termasuk camping.

Bukit Panenjoan

Kata Panenjoan memiliki arti penglihatan. Berarti tempat ini sangat cocok untuk melihat pemandangan alam. Sebelumnya, Bukit Panenjoan merupakan lahan tandus yang diubah menjadi tempat wisata di Purwakarta yang bernuansa alam.

Bukit ini menawarkan pesona alam seperti perkebunan teh, sawah, rumah warga, pegunungan, dan Waduk Jatiluhur.

Bukit Panenjoan terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Kamu juga bisa sekadar bersantai menikmati suasana yang menyejukkan, atau berziarah ke makam Syaikh Daka. Harga masuknya yakni Rp5 ribu per orang. Untuk tarif parkir yakni Rp 3 ribu untuk motor, dan Rp5 ribu untuk mobil.

Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Bale Panyawangan Diorama Nusantara adalah museum wisata sejarah nusantara. Mulai dari zaman prasejarah, kerajaan, penjajahan, dan kemerdekaan.

Penyajian informasi museum ini memanfaatkan teknologi digital. Seperti video mapping, layar sentuh, buku digital, dan jalan-jalan virtual naik kereta kencana.

Museum ini terletak di pusat kota dekat dengan Stasiun Purwakarta. Tepatnya, di Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupeten Purwakarta.

Galeri Wayang

Galeri Wayang berada di Kompleks Pemda Purwakarta, Jalan Gandanegara nomor 25, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabaupaten Purwakarta.

Isinya yakni berbagai informasi sejarah mengenai wayang di nusantara. Seperti wayang betawi, wayang cepak khas Cirebon, wayang suket, sampai wayang klitik khas Surabaya.

Yang menarik dari galeri ini adalah wayang yang dapat dimainkan para pengunjung. Seperti wayang kulit, wayang golek, dan topeng wayang orang. Untuk masuk ke museum ini kamu tidak dipungut biaya.

Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Stasiun Purwakarta ini terletak di Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Selain memiliki gaya bangunan dengan arsitektur khas kolonial Belanda, stasiun ini juga memiliki spot foto menarik berupa bangkai kereta api yang sudah tak terpakai. Tempat wisata di Purwakarta ini kerap menjadi incaran orang-orang untuk berfoto.

Bangkai kereta ini tertumpuk hingga 7 meter. Namun, Tidak semua orang dapat sembarangan masuk untuk mengambil foto. Kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada petugas terkait.

Tebing Boyer, Tempat Wisata di Purwakarta yang Hits

Destinasi ini jadi salahsatu spot yang sedang ramai dibicarakan, pasalnya Tebing Boyer memiliki pemandangan yang cukup instagramable.

Tebing dengan batuan yang seakan tersusun ini berada di tepi Waduk Jatiluhur, tepatnya di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Kamu bisa menikmati pemandangan waduk atau berfoto. Suasana di tempat ini begitu sejuk dan menenangkan.

Harga tiket untuk menuju kesini berkisar Rp5 ribu per orang. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan yakni Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

Purwakarta seperti berlian yang disembunyikan. Dalam diam, Purwakarta ternyata menyimpan destinasi yang bagus. Kamu harus mengunjungi spot wisata di atas dan jangan lupa patuhi protokol kesehatannya ya! Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya