Underpass YIA Diharapkan Dongkrak Pariwisata DIY

Kliknusae.com – Terowongan (underpass) terpanjang di Indonesia sepanjang 1,3 km di Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (31/1/20).

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim dan dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan ini saya resmikan terowongan Underpass Yogyakarta International Airport,” ucap Presiden Jokowi mengawali peresmian, dikutip dari laman setkab.go.id.

Jokowi mengatakan, telah beberapa kali melihat fasilitas-fasilitas yang ada sehingga YIA sudah siap baik berupa pelayanan navigasi penerbangan maupun pelayanan kesehatan di bandara serta pelayanan untuk pengisian bahan bakar.

“Kita harapkan nanti bisa kita operasionalkan secara total mungkin kalau enggak Februari, insyaallah di bulan Maret,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi berharap dengan diresmikannya Underpass YIA bisa memberikan kontribusi terutama peningkatan turis menuju ke Yogyakarta, Borobudur, Prambanan, dan sekitarnya.

“Tinggal kita nanti menyelesaikan layanan transportasi antar moda yang interkoneksi sehingga masyarakat memiliki pilihan-pilihan, ada opsi-opsi yang bisa dipilih dalam rangka pelayanan kepada turis, kepada masyarakat,” lanjutnya.

Sementara terkait kepadatan di jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela), Jokowi menjawab hal itu akan dibicarakan ke depan, utamanya secara menyeluruh terhadap konektivitas di Pulau Jawa.

Ia juga menandaskan kembali bahwa ke depan sangat dimungkinkan akan terjadi peningkatan arus turis ke Kulon Progo dan sekitarnya karena slot penerbangan semakin banyak.

“Bisa dobel bisa tripel karena bandaranya juga sangat besar sekali sehingga ada pilihan-pilihan bagi penerbangan jarak jauh untuk turun langsung di Yogyakarta. Karena dulu sudah penuh tidak bisa tambah slot untuk penerbangan baru,” ungkapnya.

Acara peresmian tersebut, juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri Parekraf Wishnutama, dan Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sultan Hamengkubouwono X.***(IG/Foto: Setkab)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya