Ritual Wulan Kapitu, Bromo Bebas Kendaraan Selama Sebulan

Kliknusae.com – Selama berlangsung Wulan Kapitu-yang oleh masyarakat setempat dipercaya sebagai penyucian alam, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan diberlakukan bebas kendaraan.

Kebijakan ini akan dimulai pada 24 Januari-24 Februari 2020 dimana selama kurun waktu tersebut pengunjung tidak diperkenakan menggunakan kendaraan bermotor di Laut Pasir Bromo, Savana.

Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie mengatakan pelaksanaan Bulan Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Month (CFM) untuk menghormati Wulan Kepitu yang diperingati oleh masyarakat Tengger.

“Wulan Kepitu adalah bulan ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger dan merupakan bulan yang oleh sesepuh atau tokoh masyarakat Tengger dianggap sebagai bulan yang disucikan atau megengan wulan kepitu,” kata John melalui keterangan persnya, Kamis (9/1/2020).

Wulan Kepitu digunakan oleh sesepuh masyarakat Tengger melakukan laku puasa mutih yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat keduniawian dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya