Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi yang Menarik Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Klik nusae – Banyuwangi, daerah berjuluk “Sunrise of Java” ini menjadi destinasi wisata andalan baru di Indonesia. Banyuwangi selalu siap dengan atraksi dan destinasinya, hingga masuk kategori daerah tujuan #PesonaMudik2019 Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Semua ada di Banyuwangi, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam. Wisatawan yang datang bukan hanya skala nasional, tapi banyak juga turis mancanegara. Hampir tiap pekan atraksi wisata digelar di Banyuwangi. Banyuwangi memiliki sejumlah wisata alam, termasuk pantai-pantai yang bakal membuat suasana mudik jauh dari kata membosankan.

Berikut 10 destinasi unggulan di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran 2019.

Kawah Ijen

Berada sekitar 2.368 meter di atas permukaan laut. Luasnya lebih kurang 20 km dan dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter. Hal paling menarik dari destinasi ini adalah keberadaan Api Biru atau Blue Fire. Sesuai namanya, api tersebut berwarna biru.

Pantai Sukamade

Pantai ini merupakan habitat tempat penyu-penyu raksasa untuk bertelur. Di sana terdapat pula tempat penetasan semi alami untuk pengembangbiakkan penyu oleh petugas. Wisatawan dapat menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu, dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik ke laut.

Pantai Pulau Merah

Disebut Pulau Merah karena ada sebuah bukit tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Saat air surut, pengunjung bisa berjalan mendekat ke bukit tersebut. Pilihan atraksi wisata lainnya, yaitu berselancar di pantai sepanjang 3 km ini. Ombaknya sangat ideal bagi peselancar pemula. Di kawasan pantai tersebut, terdapat pula sebuah Pura Hindu yang disebut Pura Tawang Alun.

De’Djawatan Benculuk

Sebuah bangunan tua yang dulunya digunakan untuk mengelola transportasi kereta api. Saat ini, daerah tersebut beralih fungsi sebagai destinasi wisata. Daya tarik utamanya adalah deretan pohon trembesi.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman ini konon sebagai tanah tertua di Pulau Jawa. Secara administrasi, lokasinya berada di wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Sebagai kawasan Geopark Nasional, pengunjung bisa menikmati ratusan jenis flora dan fauna. Di sana juga dapat dilihat sebuah candi Hindu bernama Situs Kawitan. Kemudian ada kawasan Sadengan, sebuah padang savana yang luas, hidup beragam hewan, seperti rusa, banteng Jawa, burung Merak, dan lainnya.

Pantai Teluk Hijau

Pantai berudara segar ini berdekatan dengan Taman Nasional Meru Betiri. Aksesnya cukup memeras tenaga, namun kelelahan tubuh akan terbayar dan hilang dengan keindahan panorama alam yang tersaji di sana.

Air Terjun Kalibendo

Air terjun Kalibendo memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Lokasinya berada di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Atau tepatnya berada di kaki Gunung Ijen dan masuk dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo. Di sana juga terdapat perkebunan kopi, karet, dan cengkeh.

Pantai Watudodol

Terletak di poros Banyuwangi – Situbondo. Hanya berjarak sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang. Dari pantai ini, wisatawan bisa melihat kapal ferry lalu lalang antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi.

Pantai Wedi Ireng

Pantai ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Letaknya agak tersembunyi, namun pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan teluk berpasir putih serta ombak yang landai. Suasananya sangat tenang karena berada di antara perbukitan hijau yang menyejukkan mata.

Pantai Boom

Pantai ini dulunya adalah pelabuhan yang kerap diramaikan para pedagang dan nelayan. Kini pantai tersebut berubah menjadi salah satu destinasi wisata di Banyuwangi. Pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing, bermain air, atau sekadar berjalan-jalan di pinggir pantai.*** (IG/berbagai sumber)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya