Asyik, Bandara Baru Yogyakarta Sudah Beroperasi

Pendaratan perdana Maskapai Citilink di Bandara Baru Yogyakarta (Yogyakarta International Airport-YIA). Mudik lebaran tahun ini masyarakat sudah bisa menggunakan bandara ini. Foto:IG

Klik nusae –  Mudik Lebaran Idul Fitri 2019 memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta. Bagaimana tidak,bertepatan dengan hari besar umat Islam tersebut, Bandara Baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) sudah mulai beroperasi.

Artinya,mereka yang ingin mudik lebaran sudah bisa menggunakan bandara baru tersebut dengan beberapa maskapai yang sudah siap take off.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sendiri sudah menjajal Bandar Udara Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (4/5/2019) lalu.

Wapres JK yang tiba di bandara tersebut pukul 08:13 WIB, disambut Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Yogyakarta.

“Ini pertama kali pesawat Wapres mendarat. Yang sebelumnya, Citilink,” kata Direktur PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi saat menemani JK meninjau bandara ini.

Bandar Udara Yogyakarta berdiri di tanah seluas 528 hektare, di mana 358 hektare merupakan airside dan 223 hektare landside. Panjang landasan pun hingga 3.250 meter dengan lebar 45 meter.

Progres pembangunan bandara sudah mencapai 50%, sementara pembangunan landasan penerbangan sudah 100%. Bandara ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan penumpang di Bandara Adi Sutjipto.

Seperti diketahui, penumpang di bandara Adi Sutjipto saat ini memiliki kapasitas 1,7 juta penumpang setahun. Namun, jumlah tersebut kian bertambah menjadi 8,4 juta per tahun.

“Jadi memang ini solusi untuk mengatasi hal tersebut, terlebih saat menghadapi lebaran lebih padat lagi. Inilah yang menjadi alasan untuk segera dioperasinalkan, utamanya menjelang mudik lebaran,” katanya.

Ada beberapa lokasi yang ditinjau Wapres, mulai dari lorong masuk pemeriksaan, ruang boarding dari pintu 1 hingga pintu 4, sampai dengan kesiapan garbarata.

“Baru selesai 50% sudah begini, apalagi 100%,” kata Wapres.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, setidaknya terdapat dua maskapai yang dipastikan akan melayani penerbangan dari dan ke Bandara Baru Yogyakarta yakni Citilink dan Batik Air.

“Tanggal 10 Mei mungkin Batik Air atau Lion Air. Citilink sudah, Batik Air sudah dipastikan. Kalau Citilink dari Jakarta-Yogyakarta- Jakarta, kalau yang Batik Air dari Jakarta-Yogyakarta-Bali. Tapi mungkin dalam beberapa hari ini pasti baik Citiilink, Lion Air, maupun Batik Air akan menambah slot penerbangan,” urainya, Minggu (5/5/2019).

Terkait penerbangan internasional, dijelaskannya bahwa saat ini pengelola bandara dan pihak-pihak terkait masih memerlukan waktu untuk mempersiapkan melayani penerbangan internasional.

Saat ini, progres pembangunan Bandara Baru Yogyakarta secara fisik di sisi darat telah mencapai 50 persen. Bandara tersebut akan memiliki luas terminal 210 ribu m2 dengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang per tahun.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga memperkirakan, peresmian Bandara Baru Yogyakarta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dilakukan pada pertengahan Mei ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat melakukan kunjungan ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Saat ini proses keseluruhan konstruksi Bandara YIA sudah mencapai 50%, Bandara YIA akan mulai beroperasi sebelum Idul Fitri 2019. Foto:Dok Kemenhub

Dia pun berharap, dengan dioperasikannya YIA maka akan dapat mendukung Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang saat ini sudah over capacity atau kelebihan kapasitas penumpang. Terlebih tidak lama lagi sudah Idul Fitri.

“Jangka pendek kita harapkan lebaran yang selama ini kita cari slot ke Yogya susah, dengan adanya bandara ini slot penerbangan akan banyak dan akan membantu pergerakan dari Jakarta ke Jawa Tengah bagian selatan,” ujar dia.

Sesuai jadwal, Bandara Internasional Yogyakarta mulai digunakan untuk penerbangan komersial sejak Senin, 6 Mei 2019.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya