Kebun Raya Bogor Tutup Untuk Liburan Akhir Tahun

Kebun Raya Bogor selama libur tahun baru tidak akan dibuka untuk umum. Pertimbangannya,pada bulan-bulan ini cuaca cukup esktrem dan bisa membahayakan pengunjung. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Kabar sedih datang Kota Bogor. Terutama bagi yang ingin liburan akhir tahun di Kebun Raya Bogor (KBR). Karena sampai batas waktu yang belum ditentukan, KBR untuk sementara waktu ditutup bagi pengunjung.

Manajemen Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya LIPI, menutup sementara operasional Kebun Raya Bogor karena potensi angin kencang yang melanda wilayah Bogor.

“Sementara operasional Kebun Raya Bogor ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Ini adalah upaya pencegahan dalam rangka menjaga keselamatan pengunjung,” kata Staf Humas PKT Kebun Raya LIPI, Ayi Donni Darussalam, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (18/12/2018).

Donni menjelaskan penutupan Kebun Raya Bogor telah dilakukan sejak Minggu (16/12), tepatnya sekitar pukul 14.00 WIB saat angin kencang melanda kawasan Kebun Raya.

Kejadian tersebut juga menyebabkan sebuah pohon jenis palem-paleman setinggi lima sampai enam meter tumbang, dan sejumlah ranting pohon patah.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan BMKG yang menginformasikan ada potensi angin kencang yang melanda Bogor, jadi kami ambil langkah antisipatif,” kata Doni.

Secara resmi manajemen PKT Kebun Raya LIPI telah mengeluarkan pengumuman penutupan sementara Kebun Raya Bogor baik melalui air website resmi LIPI, media sosial dan selebaran di gerbang masuk.

Sementara itu, Kebun Raya Bogor masih melayani khususnya pengunjung luar daerah yang sudah memesan tiket masuk sejak beberapa hari sebelumnya.

Kebanyakan pengunjung tersebut berasal dari rombongan sekolah yang mengisi libur dari daerah-daerah.

“Khusus yang sudah booking tetap kita layani, tapi hanya ke lokasi seperti Museum Zoologi,” katanya.

Doni menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang kecewa karena adanya penutupan Kebun Raya Bogor di musim liburan ini.

“Kami harus mengutamakan keselamatan pengunjung, demi keamanan dan kenyamanan pengunjung, semoga penutupan tidak berlangsung lama,” kata Doni.

Hingga hari ini Kebun Raya Bogor masih ditutup bagi siapapun yang ingin menikmati momen libur akhir tahunnya di Bogor.

Bagi warga yang ingin berkunjung ke Bogor, diharapkan menuju ke objek wisata lainnya. Hanya saja tetap dihimbau untuk lebih hati-hati karena cuaca ekstrem sedang terjadi.

Termasuk saat jika ingin memilih berlibur di kawasan puncak,perhatikan beberapa titik rawan longsor.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya