Bakar Tongkang,Festival Pacu Jalur dan Bekudo Bono Andalan Event Riau

Festival Pacu Jalur 2017 di Taluk Kuansing,Pekanbaru,Riau. Foto:IG

JELAJAH NUSA –  Ingin melihat tiga event menarik sekaligus,jangan lewatkan tiga festival yang akan diadakan di Provinsi Riau ini. Nah Eventnya Bakar Tongkang,Bekudo Bono dan Festival Pacu Jalur.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra mengatakan bila wisatawan ingin berkunjung ke Pekanbaru, maka  tiga festival ini dijamin akan memberikan kesan tang mendalam bagi yang menyaksikan.

“Di Kementerian Pariwisata, ada tiga event internasional dan nasional yang masuk ke dalam kalender event. Ini jadi salah satu daya tarik wisata, maka dari itu wisatawan yang datang ke Pekanbaru, bisa hadir di Provinsi Riau dan menginap di Pekanbaru saat berlangsungnya festival,” ujar Ardiansyah saat ditemui usai grand launching Fox Harris Hotel Pekanbaru, Riau, belum lama ini.

Ia menjelaskan, tiga festival tersebut diantaranya, Event Bakar Tongkang, Festival Pacu Jalur, dan Festival Bono atau Bekudo Bono.

“Bakar tongkang itu adalah event budaya teman-teman etnis Tionghoa dan hanya ada di Riau. Jadi replika tongkang dibakar dan nanti akan kelihatan tiangnya jatuh ke darat apa ke laut, yang dipercayai mereka kemungkinan tempat berbisnis di masa yang akan datang, diadakan sekitar bulan Septermber 2018,” kata Andriansyah.

Sementara itu, tak jauh dari Pekanbaru yakni di Kuantan Singingi, ada Festival Pacu Jalur. Di mana para wisatawan bisa melihat para pendayung nasional dan internasional di sana akan berlomba memperbutkan piala. Festival ini diperkirakan akan digelar pada bulan Agustus 2018.

“Nanti diperkirakana ada ratusan ribu orang yang menonton dalam satu minggu. Pesertanya beragam, dari kampung juga kabupaten lain, ada juga peserta dari negeri tetangga (Malaysia),” jelas dia.

Festival ini digelar sekitar bulan Oktober atau November mendatang. Uniknya dalam festival ini akan hadir para peselancar dari Indonesia juga peselancar internasional.

“Bono merupakan fenomena alam, dan lokasi untuk surfing. Di sana terdapat pertemuan ombak sungai dengan pasang air laut. Jadi ketinggian ombak bisa sampai enam meter,” kata Andriansyah.

Nah bersiap-siaplah mencari tiket  menuju Provinsi Riau.

(adh)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya