Berikut Tips Aman Berkunjung ke Pulau Komodo

Tetap Berada di Sekitar Pemandu

Sesuai dengan instruksi yang diberikan pemandu sebelum memulai perjalanan di Pulau Komodo, sebisa mungkin kita harus berada di sekitar pemandu. Sehingga keberadaan kita tidak mengganggu komodo dan malah membahayakan diri kita sendiri.

Soalnya, komodo terbiasa berburu tanpa bersuara dan bergerak secara perlahan menuju mangsanya. Jika kita tidak waspada dan berada jauh dari pemandu, nanti akan kesulitan untuk mengelak dari serangan komodo.

Jaga Jarak dengan Komodo

Karena keindahan dan eksotisme yang ditawarkan Pulau Komodo, kita mungkin bisa larut dengan keasyikan mengambil gambar dan tidak memperhatikan keadaan sekitar. Apalagi ketika bertemu dengan komodo secara langsung. Meski begitu, sebaiknya kita tetap menjaga jarak dengan komodo. Jangan berdiri terlalu dekat dengan komodo dan jangan pernah berusaha untuk memberi makan hewan reptil purba tersebut.

Jangan Menggunakan Pakaian Berumbai

Bagi kaum wanita yang senang menggunakan pakaian yang longgar dan berumbai, disarankan untuk memakai pakaian lain ketika menyambangi Pulau Komodo. Sebab hampir sama dengan banteng, komodo mudah tertarik dengan kain yang bergoyang.

Gunakan Sunblock dan Pakaian yang Menutup Tubuh

Untuk menghindari kulit dari sengatan matahari berlebih yang dapat membuat kulitmu terbakar, sunblock dan sunscreen menjadi barang yang tidak boleh dilewatkan. Karena suhu di alam terbuka di sana cukup panas.***

(IG/sumber: pesona.travel)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya