1,6 Juta UMKM Jawa Barat Sudah Menikmati Kredit BRI

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan bahwa di Jawa Barat ada sekitar 2.800 hotel dan di Kota Bandung tercatat 4.78 hotel. Jumlah ini sebetulnya potensial bagi para pengusaha UMKM untuk menjual produknya.

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar. Foto: adhi

“Pengrajin yang tergabung dalam UMKM ini kan pasti ingin berkembang, ingin masuk ke hotel. Hanya saja, mereka menganggap kalau masuk ke hotel banyak aturan. Termasuk harga barang ditentukan pihak hotel,pembayaran juga sangat panjang, bisa satu bulan lebih. Nah, tadi sudah saya sampaikan ke Pak Kadis UMKM, ada baiknya ini difasilitasi,” kata Herman.

Menurut Herman, bisa saja dilakukan mediasi dimana didalam terdapat unsur pemerintah daerah,perbankan,pengusaha dan dari pihak perhotelan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM (KUMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman. Foto: adhi

“Kalau formulasi ini bisa ketemu, saya yakin saudara kita UMKM ini bisa masuk hotel dengan happy. Barang UMKM bisa masuk hotel tanpa harus dibayar satu bulan. Begitu barang masuk, para pengrajin bisa langsung menerima bayaran. Baru nanti antara pihak bank dan hotel dalam proses selanjutnya,” harap Herman.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya