Terminal 2F Bandara Soetta, Dongkrak Penerbangan LCC Internasional

Menurut VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano, Bandara Soekarno-Hatta mampu memaksimalkan aset yang ada guna mengoptimalkan dan menggairahkan pasar LCC khususnya rute internasional. Di samping itu, sekitar 60% penumpang di Soetta yaitu generasi millennial yang merupakan target pasar utama bagi maskapai di segmen LCC.

“Pasar sangat merespons positif untuk segmen LCC rute internasional, dan Angkasa Pura II mengoptimalkan pertumbuhan itu di mana salah satunya dengan menetapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus LCC mulai 1 Mei 2019,” papar Yado.

Yado menjelaskan, “Melalui LCC Terminal 2F, operasional penerbangan maskapai di segmen LCC juga dapat lebih optimal dan efisien. Saat ini tingkat ketepatan waktu atau on-time performance khusus keberangkatan maskapai LCC mencapai 82%”.

Selain itu, AP II juga sudah memiliki rencana revitalisasi LCC Terminal 2F yang mengutamakan kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan. Nantinya di LCC Terminal 2F akan mengutamakan fasilitas digital, sesuai dengan pola bisnis penerbangan berbiaya hemat.

Selanjutnya, jumlah check-in desk konvensional di LCC Terminal 2F akan dikurangi dari 20 unit pada 2020 menjadi 10 unit pada 2022. Di sisi lain, jumlah fasilitas self check-in ditambah menjadi 40 unit. Seiring dengan itu, fasilitas self bag drop ditambah dari 10 unit pada 2020, menjadi 20 unit pada 2022.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya