Pemprov Sumatera Selatan Gelar Festival Sriwijaya XXVIII

Klik nusae – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar Festival Sriwijaya XXVIII. Event pagelaran budaya tersebut merupakan agenda tahunan. Tahun 2019 ini merupakan gelaran yang ke-28.

Festival Sriwijaya akan digelar pada tanggal 16-22 Juni 2019. Bertempat di Benteng Kuto Besak, Palembang. Sebuah bangunan keraton peninggalan Kesultanan Palembang yang pada abad XVIII menjadi pusat pemerintahan.

Pendirian Benteng Kuto Besak diprakarsai Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758 dan pelaksanaan pembangunannya diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803. Kini bangunan benteng masih terawat dan lestari.

Nantinya dalam Festival Sriwijaya akan disajikan atraksi budaya dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Seperti tarian, drama musikal, lagu daerah, juga kuliner khas masing-masing daerah.

Event tersebut digelar dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya, meningkatkan citra Sumatera Selatan sebagai daerah tujuan wisata guna meningkatkan pemerdayaan ekonomi kerakyatan, serta menampilkan puncak kreativitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian dan kearifan lokal.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya