Presiden Ingin Jalur Kereta “Charlie Chaplin” Dihidupkan Kembali

Keindahan panorama Garut,Jawa Barat membuat Presiden Joko Widodo terkesan. Ia pun minta jalur kereta api dihidupkan kembali untuk mempercepat pengembangan pariwisata di kawasan ini. Foto:IG

Klik nusae – Bertandang ke Kabupaten Garut,Jawa Barat  Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya cerita tersendiri. Ia sangat terkesan dengan kota ini,terutama keindahan alamnya yang membentang dan bisa dinikmati dari berbagai sudut.

Ia pun mengingat kembali cerita komedian terkenal era 1920-an, Charlie Chaplin yang pernah mengunjungi Garut dengan naik kereta.

Dengan spontan, Jokowi pun menginginkan agar reaktivasi alias menghidupkan kembali jalur kereta mati di Jabar segera dilaksanakan. Termasuk rel yang melewati Garut ini. Tujuannya supaya  program ini bisa mempercepat pengembangan kawasan wisata.

“Dulu pernah lho ke Garut tahun 1926 Charlie Chaplin. Ke sini lho, betul. Dua kali lagi. Karena melihat keindahan ini, naiknya kereta api,” ujar Jokowi di Garut, Jumat (18/1/2019).

Jokowi mengatakan, selain ke Garut, Charlie Chaplin singgah di Bandung. Di sepanjang perjalanan aktor komedian asal Inggris itu sangat menikmati pemandangan Jabar.

“Charlie Chaplin dulu juga turun di Bandung kemudian naiknya ke sini dengan kereta api ke Garut juga sama sambil lihat kanan-kiri gitu,” kata Jokowi.

Berangkat dari kisah Charlie Chaplin itu, Jokowi mengatakan reaktivasi jalur kereta untuk meningkatkan ekonomi di kawasan wisata yang dilalui jalur kereta tersebut. Totalnya akan ada 4 jalur kereta mati di Jabar yang bakal dihidupkan lagi.

Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro pernah menjelaskan ada 4 jalur itu adalah Bandung-Ciwidey dan Rancaekek-Tanjungsari.

Kemudian, Banjar-Pangandaran-Cijulang dan Cibatu-Cikajang. Di sepanjang jalur tersebut sebagian besar sudah berdiri pemukiman warga. Kondisi ini menjadi tantangan dan KAI akan berusaha mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

(adh/dtk)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya