“Road to Jambore CVI” Gelar Acara Camping Bersama di Campervan Park Ciater

Sejarah Terbentuknya Camper Van Indonesia

Perkumpulan Camper Van Indonesia (CVI) dicetuskan pertama kali oleh beberapa orang penggiat kemping bermobil pada tanggal 29 Septeber 2019.

Pada saat itu diadakan acara kopi darat (Kopdar) di Bandara Kertajati, Majalengka,  Jawa Barat

Siapa Para Pendirinya?

“Perkumpulan Camper Van Indonesia secara resmi didirikan dengan membuat Akta Notaris yang ditandatangani oleh 16 orang pendiri,” kata Subhan.

Foto: adhi

Dimana CVI mempunyai visi Menjadi Perkumpulan Otomotif kebanggaan bangsa Indonesia yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi para anggotanya, masyarakat sekitar, bangsa dan negara.

Camper Van Indonesia juga mempunyai misi diantaranya, menyediakan data-base informasi dan referensi lokasi yang dapat digunakan untuk kemping menggunakan mobil di seluruh wilayah Indonesia.

Foto: adhi

Menyediakan forum diskusi tentang pengetahuan dalam membangun sebuah campervan  seperti modifikasi, kelistrikan dan sarana yang diperlukan lainnya.

Menyelenggarakan pelatihan yang berhubungan dengan tertib lalu lintas dan keselamatan berkendara.

Menggalang kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan secara umum khususnya  Nomadic Torism.

Menjalin hubungan baik dengan Ikatan Mobil Indonesia (IMI), organisasi -organisasi dan/atau perkumpulan – perkumpulan otomotif lainnya, penyedia/pengelola lokasi wisata dan sarana pendukung lainnya.

Foto: adhi

Dan, mencari, memfasilitasi dan membuka area baru untuk dijadikan tempat kemping bermobil (Campervan Park/Site).

Pengurus Camper Van Indonesia terdiri dari Ketua Muhamad Slamet, Sekretaris  Renato Poetra Fajar, Bendahara Anton dan Humas Subhan Hadi Susilo

Menurut Subhan, di beberapa daerah sudah terbentuk pengurus wilayah sesuai dengan kondisinya masing-masing, diantaranya: CVI Bali, CVI Jawa Barat, CVI Jateng-DIY, CVI Jawa Timur, CVI Sriwijaya, CVI Riau

Foto: Ist

Untuk anggota Camper Van Indonesia berasal dari berbagai latar belakang profesi dan strata sosial. Usia para anggota berada pada rentang antara 30 hingga diatas 60 tahun.

Jumlah anggota yang tergabung dalam grup FB Camper Van Indonesia saat ini sudah lebih dari 11.000 orang.

Lalu unit mobil apa saja yang tergabung di CVI?

“Semua jenis mobil bisa bergabung menjadi anggota Camper Van Indonesia, mulai dari jenis Sedan,Jeep, LGCC, Bus, Truk, Minibus dan lainnya,” jelas Subhan.

Seperti apa pula yang istimewa dan membedakan komunitas ini dengan perkumpulan lainnya?

“Yang unik dari CVI ini adalah tidak membedakan jenis dan merk mobil. Jadi yang mau jadi anggota, bebas memodifikasi mobilnya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Yang penting, dalam berkegiatannya bisa menguatkan ikatan keluarga, mengusung konsep selalu berada di rumah meskipun saat melakukan kegiatan berkemah karena “Home is Where We Park Our Car”, papar Subhan.

Foto: adhi

Camper Van Indonesia percaya bahwa kegiatan Kemping bermobil yang dilakukan senantiasa membawa kebahagiaan bagi setiap individu yang menjalaninya.

Ditanya syarat apa saja agar bisa menjadi anggota CVI, Subhan menjelaskan bahwa untuk bergabung dalam grup FB Camper Van Indonesia tidak ada persyaratan khusus. Cukup menjawab pertanyaan Admin.

“Kedepannya untuk menjadi anggota resmi yang terdaftar akan ditentukan syarat-syaratnya sesuai AD/ART Perkumpulan Camper Van Indonesia,” tandasnya.

Terkait kegiatan rutin sebelum dan seduah pandemi, lanjutnya, tidak ada perbedaaan kegiatan selain penerapan Protokol Kesehatan.

Foto: adhi

“Ya, untuk kegiatan rutin setiap minggu adalah Kemping bersama dalam grup kecil yang terdiri dari 5 – 8 mobil,” katanya.

Sementara untuk kegiatan bulanan Kemping bersama di masing-masing wilayah dan pada momen-momen liburan panjang dibuatkan kegiatan Overland antar kota antar propinsi bahkan antar pulau.

“Kegiatan Tahunan: Jambore Nasional Camper Van Indonesia dimana untuk pertama kali direncanakan diadakan di Pulau Bali,” tutupnya. (adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya