“Leading In Challenging Time..”

Memang perlu langkah konkrit bagi seorang leader untuk mengelola kondisi yang sangat sulit seperti sekarang ini. Semoga beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan tambahan pemikiran untuk menjadi lebih semangat :

1.Seriuskan mengelola VUCA; ganti akronim awalnya menjadi suatu strategi (Vesting/membentengi, Uniformed/Standarisasi baru, Centralized/ fokus akan akibat dan dampak perubahan, Axis / mencari solusi dengan holistik berdasar analisa dari segala perubahan). Selanjutnya ganti lagi akronim-nya menjadi suatu target (Victory/memenangkan atau mengalahkan tantangan, Unbeatable/ tak terkalahkan atau tangguh dalam setiap perubahan, Cheers / Rayakan kemenangan atau senantiasa gembira menghadapi perubahan, Awarding/ penghargaan pada usaha dan diri / team)

2.Perhatikan reputasi perusahaan; bahkan dalam status terburuk sekalipun, misalnya perusahan harus tutup total maka seorang pemimpin harus membuat exit plan yang baik. Mulai dari rancangan tahapan, kebutuhan akan proses selama penutupan berlangsung hingga deklarasi kepada public. Semuanya perlu penangangan yang profesional agar tetap menjaga profile perusahaan, owning company termasuk Anda sebagai pimpinan.

3.Mengedepankan proteksi; Upaya perlindungan untuk perusahaan, asset dan karyawan adalah hal mutlak bagi seorang pemimpin. Proteksi ini bisa digambarkan secara umum sebagai upaya efisiensi biaya seminimal mungkin (cut costs), restrukturisasi hutang, mengelola alur kas (managing cash flow) berdasar urgency and importancy. Dan sebagainya.

4.Mencari celah atau peluang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum sehingga minor operation masih bisa berjalan dengan efektif yang nantinya berdampak positif terhadap lingkungan usaha. Contohnya menyediakan ruangan karantina seperti di hotel, menyediakan layanan catering, dan sebagainya.

5.Menyusun pola atau model alur bisnis kedepannya berdasar perubahan yang banyak terjadi saat ini, karena proses transformasi tersebut akan dirasakan secara simultan ke berbagai bidang atau sektor termasuk dunia pariwisata dan perhotelan.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya