Sari Ater Open Tournament Gateball International Dimulai, Ini Pesan Pergatsi

KLIKNUSAE.com – Sebanyak 390 atlet gateball dari 18 provinsi se-Indonesia dan 1 tim dari India mulai mengikuti Sari Ater Open Tournament ‘1st International Gateball Gymboree’, Rabu 23 Agustus 2023.

Event ini akan berlangsung hingga Jumat 25 Agustus 2023 mendatang dengan mempertandingkan berbagai kategori.

Pembukaan dilakukan oleh Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat-yang diwakili Gugun Yudinar (Kepala Bina Prestasi KONI Pusat).

Hadir dalam pembukaan event gateball internasional pertama di kawasan Taman Rekreasi Pemandingan Air Panas Alami Ciater, Subang, Jawa Barat tersebut Sekjen Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) Puja Samedhi.

Para atlet Gateball dari 18 Provinsi se-Indonesia dan satu tim dari India ketika mengikuti prosesi pembukaan tournament. Foto: Klinusae.com/Adhi

Cabang Olahraga Unik

Kemudian, Ketua Umum KONI Kabupaten Subang Asep Dimyati, Direktur Utama Sari Ater Hj. Metty Hendriatty, dan Direktur PT. Sari Bumi Mas (Sari Ater Group) H. Supriyanto.

Hadir pula, Wakil Ketua I Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Jawa Barat, Dandan Riza Wardana.

BACA JUGA: Kadisparpora Subang Apresiasi Lapangan Terindah Cabor Gateball Porprov XIV 2022

Dalam sambutannya Ketua KONI Pusat mengemukakan bahwa Gateball merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup unik.

Karena olahraga ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan usia. Baik usia muda maupun senior.

Para atlet gateball memasuki lapangan pertandingan. Foto: Kliknusae.com/Adhi

“Cabang olahraga Gateball ini nantinya akan dipertandingkan pada pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut),” kata Gugun—saat membacakan sambutan Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman.

PON XII/2024 Aceh-Sumut, lanjut Gugun, adalah PON yang akan dicatat dalam sejarah olahraga prestasi Indonesia yang digelar di dua provinsi. Termasuk, akan diikuti juga oleh 38 provinsi dwrah otonomi baru (DOB).

“Gateball juga harus mengukir sejarah karena melahirkan atlet-atlet berprestasi,” pinta Gugun.

Sambutan dari Sekjen Pergatsi, Puja Samedhi. Foto: Adhi

“Saya berharap kompetisi seperti ini dapat memberikan nilai tambah bagi atlet dan bahkan bisa melahirkan atlet juara,” sambungnya.

Memberikan Nilai Plus

Menyinggung lokasi berlangsungnya International Gateball Gyombore (Sari Ater Open Tournament) KONI memberikan nilai plus.

BACA JUGA: Guru Olahraga SMP Se-Kota Bandung Ikuti Pelatihan Pelatih Gateball

“Melihat lokasi yang digunakan ini, KONI Pusat yakin terdapat peluang besar untuk mendukung peningkatan sport tourism,” tegasnya.

Direktur Utama Sari Ater Hj. Metty Hendriatty menerima cinderamata dari Sekjen Pergatsi, Puja Samedhi. Foto: Adhi

Selanjutnya, KONI Pusat akan segera melakukan kerjasama terkait pengembangan industri olahraga dan pariwisata olahraga.

“Harapan ke depan, Sari Ater menjadi tempat bagi para atlet terbaik Indonesia lahir, berlatih dan bertanding,” tutupnya.

Sementara itu, Sekjen PB Pergatsi Puja Samedhi memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap pimpinan dan jajaran Sari Ater Group.

Andrie O Hanafiah, Ketua Panitia Pelaksana Sari Ater Open Tournament ‘1st International Gateball Gymboree’. Foto: Adhi

Mengembangkan sport tourism

Termasuk juga, ESSA Gateball Club yang telah ikut mengembangkan sport tourism di kawasan ini, dengan melibatkan cabang olahraga Gateball.

“Saya berharap agar tournament ini dapat terus dilanjutkan dan lebih dikembangkan dengan jumlah peserta luar negeri, yang lebih banyak lagi,” kata Puja.

Tujuannya, selain menambah kesempatan Gateballers (sebutan pemain gateball) Indonesia untuk melakukan bench marking. Khususnya, tentang kemampuan setelah bertanding dengan Gateballers dari mancanegara.

Atlet asal India memandangi pukulan bola atlet Gateball asal Indonesia pada pertandingan awal. Foto: Adhi

Kepada para wasit, Puja berpesan agar memimpin pertandingan adil dan tegas serta menerapkan peraturan dengan tepat dan akurat.

“Satu lagi, saya minta saat peserta yang turun di lapangan adalah atlet dari Bandung (Jawa Barat), jangan dipimpin oleh wasit asal Bandung,” tegasnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Sari Ater Open Tournament ‘1st International Gateball Gymboree’, Andrie O.Hanafiah, pihaknya telah menyiapkan 6 lapangan untuk bertanding.

Foto: Adhi

“Kami ingin memberikan lapangan terbaik kepada peserta agar bisa bertanding lebih maksimal dan nyaman,” ujarnya.

Ia juga menggambarkan bahwa lokasi atau lapangan yang akan digunakan untuk pertandingan merupakan yang terbaik saat ini.

“Bapak dan ibu bisa menikmati pertandingan, seperti di atas awan. Baik saat pagi hari (sunrise) maupun saat menjelang senja,” ungkapnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya