Guru Olahraga SMP Se-Kota Bandung Ikuti Pelatihan Pelatih Gateball

KLIKNUSAE.com – Sebanyak 30 guru olahraga SMP se-Kota Bandung mengkuti kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pelatih Olahraga Gateball (Training Of TrainerTOT).

Kegiatan yang digelar selama dua hari pada Kamis-Jumat 20-21 Oktober 2022 berlangsung di lapangan Gateball Sari Ater Kamboti Bandung Jalan Lemah Neundet no 7.

Sosialisasi dan pelatihan ini terselenggara atas kerjasama LPK AMA Institute bekerja sama dengan FPOK UPI serta PERGATSI Pengcab Bandung.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kota Bandung Gandung Laksmana, H.Doddy dari perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Hj Metty Hendriatty, Pimpinan LPK AMA Institute—yang juga Direktur PT Tigamas Utamasari (Holding Sari Group).

Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kota Bandung Gandung Laksmana. Foto: Ist

Dalam sambutannya Gadung Laksmana mengapreasiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan pelatih Gateball tingkat guru SMP se-Kota Bandung ini.

Ia pun berharap kedepan olahraga gateball akan semakin digemari oleh para siswa sehingga akan berunjung lahirnya atlet-atlet gateball.

“Semakin banyak pelatih gateball di kota Bandung, kita berharap juga makin mendorong lahirnya atlet-atlet baru. Dimana, nantinya mampu tampil berprestasi di berbagai turnamen mewakili clubnya, mewakili Kota Bandung bahkan mewakili Jawa Barat,” papar Gandung.

Di tempat yang sama Sekum Pergatsi Jawa Barat Yoli yang hadir pada kesempatan tersebut menambahkan bahwa pihaknya mendukung penuh program pembinaan atlet prestasi pada siswa SMP, khususnya untuk olahraga gateball ini.

“Diawali dengan SMP Kota Bandung kedepannya kita akan dorong untuk dapat dilaksanakan di kota/kabupaten se Jawa Barat,” kata Yoli.

Hal ini untuk menjaring sebanyak-banyaknya potensi atlit olahraga Gateball unggulan kebanggaan Jawa Barat.

Hj Metty Hendriatty, Pimpinan LPK AMA Institute—yang juga Direktur PT Tigamas Utamasari (Holding Sari Group). Foto: Ist

Mengembangkan Olahraga Gateball di Sekola-sekolah

Sementara itu, Metty Hendriatty dalam penutupan Pelatihan Pelatih Gateball berharap apa yang diberikan bisa menjadi bekal para peserta untuk mengembangkan olahraga gateball di sekolah-sekolah.

BACA JUGA: Hotel Sari Ater Kamboti Buka Fasilitas Private Gateball Court, Seperti Apa?

“ Tidak ada lain dari kami AMA Institute berharap, apa yang sudah kami berikan bisa menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat. Baik apakah itu, bakat menjadi pelatih atau atlet, itu kan menjadi kebanggaan kami semua,” ujarnya, pada Jumat petang 21 Oktober 2022.

H.Doddy dari perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Foto: Ist

Menurut Metty, Kota Bandung memiliki potensi tidak hanya di bidang pariwisata dan budaya tetapi juga di bidang olahraga.

Begitu pun terhadap olah raga Gateball yang makin digemari pasca Pandemi. Ini seeiring dengan kecenderungan masyarakat lebih memilih olah raga di ruang terbuka (outdoor).

BACA JUGA: Plt Wali Kota Bandung Yana Sebut Olahraga Gateball Tingkatkan Imunitas

“Selain itu olah raga ini ini tidak saja dapat ditargetkan untuk prestasi (dibawah KONI), tapi juga untuk rekreasi (dibawah KORMI). Sehingga dapat diikuti bersama-sama oleh siapa saja tanpa batas usia, baik laki2 maupun perempuan. Sepanjang ditunjang oleh tubuh yang sehat,” ungkapnya

Peserta Pelatihan Pelatih Olahraga Gateball foto bersama usai acara penutupan. Foto: Adhi

Selanjutnya, usai penutupan Metty yang ditemui Kliknusae.com mengemukakan bahwa AMA Institute bersama ESSA GATEBALL CLUB selaku mitra dalam Program Pelatihan ini akan melakukan Road Show ke sekolah dari para guru olah raga yang telah mengikuti TOT.

“Untuk lebih memperkenalkan olah raga Gateball kepada pihak sekolah, para siswa serta orang tuanya,” kata Metty.

Setelah, juga akan berkembang ke beberapa daerah di luar Kota Bandung, seperti Subang dan daerah lainnya.

Penyerahan hadiah untuk peserta terspektakuler. Foto: adhi

Program Pelatihan di AMA Gateball Academy

Namun, bagi sekolah yang belum memungkinkan untuk menyelenggarakan latihan di sekolah, dapat mengikuti program pelatihan di AMA GATEBALL ACADEMY.

“Atau bagi yang sudah siap tapi tidak memiliki fasilitas lapangan, dapat menyewa lapangan ESSA COURT yang dikelola oleh ESSA GATEBALL CLUB,” jelasnya.

BACA JUGA: Main Gateball, Olahraga Rileks yang Bisa Meningkatkan Imunitas

Dan bagi para guru olahraga yang ingin melatih individual skill untuk kesiapan melatih, AMA GATEBALL ACADEMY juga menyediakan paket-paket pelatihan.

Penyerahan sertifikat pelatihan. Foto: adhi

“Untuk menambah jam terbang dalam menguji skill dan mengasah mental, minimal 2x dalam setahun kami akan menyelenggarakan kejuaraan usia pelajar,” tambahnya.

Disamping juga mengadakan berbagai acara seperti Coaching Clinic, Workshop dan lainnya sebagai upaya menambah wawasan dari para calon atletatlet Bandung tersebut.

Aktivitas latihan di lapangan Gateball Sari Ater Kamboti Jalan Lemah Nendeut no 7 Kota Bandung. Foto: Adhi

Ditempat yang sama, Abang Rahmat salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat luar biasa, kami yang tadinya tidak mengenal olah raga gateball sekarang, dengan adanya pelatihan ini menjadi tahu. Dan, kedepannya setelah kami betul-betul menguasai gateball ini akan kami terapkan pada peserta didik (siswa),” ujarnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya