Menteri Sandiaga Uno Diarak ‘Emak-emak’ Saat Berkunjung ke Desa Cibeusi

KLIKNUSAE.com – Menteri Sandiaga Uno diarak para ‘emak-emak’ saat berkunjung ke Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat 7 April 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga datang untuk mengukuhkan Desa Cibeusi menjadi salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Sejak turun dari kendaraan, ibu-ibu sudah berbaris di sebuah lapangan yang dijadikan penyambutan.

Mereka terus mengeluh-eluhkan Sandiaga sambil sesekali memanggil-manggil sang Menteri. Bahkan, ketika sang menteri meninjau beberapa lokasi spot wisata, mereka dengan tertib mengiring di belakang.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menandatangani prasasti peresmian Desa Wisata Cibeusi di Ciater, Subang, sebagai salah satu desa terbaik di Indonesia. Foto: Bagor

BACA JUGA: Sandiaga Uno Jajal Trek Run Sari Ater, Lari Lebih 5 Km

“Saya sangat kagum dari tadi pagi melihat begitu banyak keindahan. Bukan hanya alam tapi juga ragam budaya dan produk ekonomi kreatif. Dan ini menjadi penyemangat kita untuk membangkitkan Desa Wisata Cibeusi, di Kabupaten Subang,” ujar Sandiaga.

Kunjungan Menteri Sandiaga Uno bersama tim juri penilai ADWI 2023 ini berlangsung di Curug Ciangin, Desa Cibeusi.

Acara yang dihadiri ratusan masyarakat dan menampilkan beberapa seni kebudayaan Subang itu berlangsung meriah.

Sandiaga Uno menyempatkan untuk membeli kuliner olahan UMKM Desa Cibeusi. Foto: Adhi

Kriteria yang jadi bahan penilaian ADWI ada lima, yakni dilihat dari daya tarik pengunjung, home stay, digital kreatif, suvernir, dan kelembagaan desa.

BACA JUGA: Menikmati Curug Mandala Di Tengah Perkebunan Teh Ciater

60 Persen Wilayah Hutan

Kepala Desa Cibeusi Wawan menyampaikan, Desa Wisata Cibeusi memiliki luas kurang lebih 1.012 hektare dengan 60 persen masih wilayah hutan.

“Desa Cibeusi memiliki kerapatan pohon yang padat dan memiliki banyak curug. Di antaranya Curug Ciangin, Curug Cibareubeuy, Curug Muara Jambu, dan masih banyak lagi, termasuk ada wisata edukasi,” Kata Wawan.

“Desa Wisata Cibeusi mempunyai olahan makanan tradisional unggulan seperti nasi liwet beras hitam, nasi liwet beras merah, peuyeum ketan, gula aren asli, dan sebagainya,” paparnya.

Menparekraf Sandiaga Uno melayani foto bersama dengan warga Cibeusi. Foto: Adhi

Selain berkunjung, dalam kesempatan tersebut, Sandiaga tim juga memberikan sumbangan langsung berupa alat keamanan untuk pengunjung.

BACA JUGA: DPC PUTRI Kabupaten Subang Dikukuhkan, Sekali Maju Pantang Mundur

Ini setelah sebelumnya, Kepala Desa Wawan menceritakan masih minimnya alat keselamatan, seperti pelampung.

“Baik, kalau yang dibutuhkan alat keamanan itu. Hari ini juga kita berikan. Tidak perlu proposal-proposal. Begitulah, seharusnya birokrasi zaman sekarang,” paparnya.

Wawan pun merasa gembira karena apa yang disampaikan Sandiaga Uno terbukti langsung.

” Alhamdulillah tadi saya sduah menerima bantuan dari Pak Menteri berupa alat keselamatan bagi pengunjung Curug Ciangin,” ungkap  Wawan.

BACA JUGA: Kadisparpora Subang Apresiasi Lapangan Terindah Cabor Gateball Porprov XIV 2022

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Kepala Desa Cibeusi Wawan (kiri) mencoba membuat piramida batu di Curug Ciangin. Foto: Bagor

Dalam kesempatan tersebut, juga hadir Kapolres Subang AKBP Sumarni, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang, Tatang Supriyatna, perwakilan dari Sari Ater Hotel & Resort—yang selama ini menjadi bapak asuh Desa Wisata Cibeusi, Ari Hermowo.

Kapolres AKBP Sumarni menyampaikan bahwa pihaknya terus men-support kehadiran desa wisata di Cibeusi.

“Tentunya kami jajaran Polres Subang juga sangat mendukung kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Subang. Dan bersyukur sekali Desa Wisata Cibeusi yang dikelilingi pemandangan indah tersebut masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia,” ujarnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya