Bank Indonesia dan Dishub Jabar Kolaborasi Rancang Digitalisasi Bidang Transportasi

KLIKNUSAE.com – Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Jawa Barat merancang proyek percontohan atau pilot project digitalisasi bidang transportasi.

Proyek ini dirancang menjelang Hari Perhubungan Nasional 17 September 2022, dan diperingati Pemprov Jabar pada 19 September 2022.

“Ada MoU dengan Bank Indonesia dan integrator untuk digitalisasi di sektor transportasi. Juga akan ada kerja sama pilot project pelaksanaan digitalisasi sektor transportasi di Sukabumi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Ahmad Koswara dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu September 2022.

BACA JUGA: Ada Lowongan Kerja Bank Muamalat untuk Garut dan 10 Wilayah lainnya

Menurut Ahmad Koswara, para peringatan Hari Perhubungan Nasional, setelah upacara, akan ada penandatanganan kerja sama antara BI dan Dishub Jabar untuk melaksanakan digitalisasi di sektor transportasi.

Bus Trans Metro Bandung

Dalam acara Japri bertema bertema ‘Percepatan Digitalisasi sebagai Upaya Perbaikan Tata Kelola dan Integrasi Layanan Moda Transportasi di Jabar’.

Terungkap pula bahwa digitalisasi menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan pelayanan sektor transportasi.

Dicontohkan, digitalisasi di sektor transportasi yang sudah berjalan adalah penggunaan sistem pembayaran di jalan tol, di mana sebelumnya pembayaran secara manual atau tunai, menjadi nontunai dengan kartu e-tol.

BACA JUGA: Bank bjb Gelar Turnamen Voli Piala Gubernur 2022, Bangun Sportivitas

Kemudian, pembayaran ongkos pada angkutan umum bus Trans Metro Bandung atau Trans Pasundan yang menggunakan kartu.

Tinggal nantinya penggunaan digitalisasi transportasi secara terintegrasi.

“Misalnya mulai dari angkutan feeder, berlanjut ke bus kota hingga angkutan MRT, seperti yang sudah ada di Jakarta,” tuturnya.

BACA JUGA: Wisman ke Tanjungpinang Meningkat, Dishub Tambah Kapal Layar, Seperti Ini

Deputi Kantor Perwakilan BI Jabar Bambang Pramono mengatakan, digitalisasi transportasi menjadi salah satu hal penting untuk mengendalikan inflasi.

“Digitalisasi akan menciptakan efisiensi di bidang transportasi dan logistik, sehingga tentu akan menekan inflasi. Kelancaran distribusi menjadi hal sangat penting dalam upaya pengendalian inflasi,” kata Bambang Pramono.

Sementara Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Jabar Gumilar mengatakan, Diskominfo mendukung penuh kerja sama Dishub dan BI Jabar untuk mengembangkan infrastruktur dan ekosistem digital transportasi. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya