Wisman ke Tanjungpinang Meningkat, Dishub Tambah Kapal Layar, Seperti Ini

KLIKNUSAE.com – Tingkat kunjungan wisman ke Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menunjukan pertumbuhan yang terus membaik.

Bersamaan dengan itu, kebutuhan transportasi armada kapal layer pun ikut meningkat. Terlebih setelah dibukanya border, banyak wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura yang berlabuh.

Oleh sebab itu, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau menyatakan adanya potensi penambahan armada kapal cepat yang berlayar dari Tanjungpinang-Singapura dan Tanjungpinang-Malaysia maupun sebaliknya.

BACA JUGA: Syarat tes Usap PCR Bagi Wisman Kepri Memberatkan, Gubernur Protes

Kepala Dishub Kepri Junaidi, di Tanjungpinang mengatakan penambahan armada kapal tergantung pada kebutuhan, karena jika jumlah penumpang meningkat, maka kapal cepat yang melayani penumpang pasti bertambah.

“Sekarang masih tahap permulaan, namun sudah tampak ada kecenderungan meningkat dalam beberapa hari ini. Hari ini saja sekitar 30 penumpang ke Singapura, dan sebelumnya mencapai 40 orang. Begitu juga yang ke Malaysia, meningkat drastis,” katanya, Senin 11 April 2022.

Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura

Saat ini, menurut dia, hanya satu kapal cepat Sindo Ferry yang melayani penumpang dengan rute pelayaran Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Pelabuhan Stulang Laut, Malaysia dan Pelabuhan Tanah Merah, Singapura.

BACA JUGA: Wisman ke Kepri Diberi Akses Masuk Lebih Banyak, Dimana Saja

“Untuk pelayaran dari pelabuhan internasional di Lagoi menuju Singapura juga masih satu kapal. Ini akan bertambah kalau jumlah penumpangnya meningkat,” ujarnya.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Kepri, Rudy Chua, yang juga mantan pengusaha perhotelan, mengatakan harga tiket dari Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang menuju Pelabuhan Stulang Laut, Malaysia dan Tanjungpinang menuju Singapura naik 100 persen.

Harga tiket kapal untuk orang dewasa dari Tanjungpinang menuju Malaysia untuk Rp420.000. Sementara untuk tiket berangkat dan pulang yang dibeli sekaligus (twoways) Rp700.000.

BACA JUGA: Turis Singapura Mulai Masuk Lagoi Kepri 25 Februari, Bakal Disambut Pejabat Ini

Harga tiket kapal rute Tanjungpinang-Malaysia untuk anak-anak Rp300.000 per orang. Tiket kapal twoways untuk anak-anak Rp400.000 per orang.

Begitu pula dengan harga tiket dari Tanjungpinang menuju Pelabuhan Tanah Merah, Singapura untuk satu kali perjalanan Rp450.000 per orang, sementara untuk tiket pulang dan pergi Rp880.000 per orang.

“Saya pikir perlu penyesuaian harga pada awal pembukaan akses perjalanan luar negeri. Kalau harganya tinggi, warga kemungkinan urung ke Malaysia maupun Singapura,” kata Rudy, yang juga anggota Komisi II DPRD Kepri.

BACA JUGA: Visa Kunjungan Wisman Diperluas Menjadi 43 Negara, Berikut Daftarnya

Pulau Penyengat

Tanjungpinang sendiri memiliki banyak objek wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pulau Penyengat.

Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil di kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang berjarak kurang lebih 2 km dari pusat kota.

Berkunjung ke sini akan serasa di bawa ke peradaban melayu kuno. Banyak peninggalan- peninggalan bersejarah yang ada di sini.

Seperti Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam raja- raja terdahulu, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah lainnya.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya