Desa Kluncing, Sulap Sungai Kotor jadi Destinasi Kampung Ikan

Kliknusae.com – Jika ada kemauan dan ketekunan, sesuatu yang buruk pun bisa berubah menjadi hal baik. Seperti yang dilakukan warga Desa Kluncing Banyuwangi yang menyulap sungai kecil kotor menjadi sebuah kolam ikan yang bersih dan menawan.

Upaya dan perubahan perilaku warga Desa Kluncing ini, sungguh patut dicontoh. Mengubah sungai kecil tersebut, mereka lakukan dalam jangka waktu kurang dari delapan bulan. Hasil karya mereka yang berupa kolam ikan menawan ini pun bahkan menjadi destinasi wisata baru dengan sebutan “Kampung Ikan”.

Lokasi Desa Kluncing sendiri berada di  Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Letaknya berada di kaki Gunung Ijen. Berjarak tak jauh dari pusat kota Banyuwangi, kurang lebih 15 kilometer.

Saat memasuki kawasan Kampung Ikan, para pengunjung akan disambut pemandangan indah khas pegunungan. Sungai yang menjadi kolam ikan itu, mengalir di halaman depan rumah warga sepanjang satu kilometer. Ikan air tawar yang beraneka ukuran dan warna menambah kesegaran suasana di kampung tersebut.

“Tempat ini sangat luar biasa. Di sini bisa melihat ikan yang begitu banyak di dalam aliran sungai yang jernih. Pemandangannya indah, sejuk, juga sekaligus bisa menikmati kuliner olahan ikan dan menu lainnya yang sangat lezat,” tutur Bupati Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi  Desa Kluncing, Senin (2/3/2020), disitat dari laman resmi Pemkab Banyuwangi.

Banyak yang tak mengira sebelumnya, jika sungai di destinasi wisata Kampung Ikan ini, dulunya penuh dengan sampah dan menjadi tempat berbagai aktivitas warga seperti mandi, mencuci pakaian, hingga buang hajat. Namun berkat ketekunan warganya, sungai tersebut menjadi sesuatu hal yang menarik.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya