10 Destinasi Wisata Alam Menarik di Palembang

Kliknusae.com – Palembang, Sumatera Selatan selain terkenal dengan pempek dan Jembatan Ampera, ternyata menyimpan juga destinasi wisata alam yang mempesona. Ada banyak sekali tujuan wisata alam yang indah di sana. Mulai dari hutan hingga gua, semua ada.

Seperti berikut ini, ada 10 destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Palembang, sebelum selfie berlatar Jembatan Ampera dan pulang membawa pempek.

Hutan Punti Kayu

Destinasi Taman Hutan Punti Kayu merupakan satu-satunya hutan yang berada di jantung kota Palembang. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. Hutan ini membentang seluas 50 hektare, padat ditumbuhi pepohonan dan tanaman hijau. Di sana wisatawan bisa rileksasi dengan udara sejuk.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro memiliki luas 5 hektare. Pulau ini menyimpan legenda tentang kisah cinta antara Siti Fatimah, putri Raja Palembang, yang dilamar anak Raja China, Tan Bun Ann. Tepiannya yang indah sudah seperti wisata pantai di Palembang.

Air Terjun Lematang Indah

Untuk menuju ke air terjun ini, wisatawan harus menyeberangi sungai. Namun menyeberangnya tanpa melalui jembatan, melainkan menggunakan ban. Meskipun ketinggiannya hanya mencapai 40 meter, Air Terjun Lematang Indah masih dikelilingi alam yang hijau dan asri.

Tangga 2001 Gunung Dempo

Untuk menikmati keindahan Gunung Dempo, wisatawan harus melewati ratusan anak tangga di tempat yang dijuluki Tangga 2001. Tak hanya itu, di sana wisatawan  juga dapat menikmati wahana sepeda gantung.

Air Terjun Bidadari

Akses jalan menuju ke lokasi Air Terjun Bidadari sudah cukup bagus dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil ataupun motor dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Tair terjun indah ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, lebarnya hingga 10 meter.

Danau Ranau

Danau yang satu ini merupakan danau terbesar kedua yang ada di Pulau Sumatra. Lokasinya berada pada kawasan perbukitan. Sehingga menjadikan Danau Ranau tidak hanya memiliki pemandangan indah, tapi juga udara yang segar.

Air Terjun Maung

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir menyamai tingginya. Tingkatannya mendekati vertikal dan curam. Pecahan jalur air terjun tersebut, juga muncul dari sela-sela tanaman yang tumbuh di batu.

Arung Jeram Sungai Manna

Aktivitas arung jeram di Sungai Manna membutuhkan waktu 2 jam dari titik awal hingga akhir. Jadi, sensasinya tidak akan terasa sesaat saja.

Bukit Siguntang

Bukit Siguntang dianggap sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Bukit ini merupakan tempat ibadah dan tempat untuk bertapa keluarga kerajaan.

Gua Putri

Gua ini dinamakan Gua Putri karena di sana terdapat sebuah batu yang dinamakan dengan Batu Putri. Konon batu tersebut merupakan jelmaan dari Putri Balian akibat sumpah dari Si Pahit Lidah.

Itulah 10 destinasi wisata alam di Palembang yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang menyukai kegiatan wisata di alam.***(IG/Sumber: Pesona Indonesia)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya