November Ini, Runway 3 Bandara Internasional Soetta Mulai Beroperasi

Kliknusae.com – November 2019, landasan pacu atau runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditargetkan mulai beroperasi. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menungunjungi Jakarta Air Traffic Service Center di Bandara Soekarno Hatta untuk melihat proses take off dan landing pesawat di Runway 3, sore ini, Minggu (8/9/2019).

Seperti dilansir laman dephub.go.id, dalam kesempatan itu, Menhub menyaksikan proses take off pesawat Citilink dengan tipe pesawat Airbus 320, serta proses landing pesawat NAM Air tipe pesawat Boeing 737.

“Kami sampaikan bahwa Runway 3 beroperasi sudah 1 bulan dan berlangsung baik. Saat ini telah dioperasikan dengan panjang runway 2500 x 45 meter. Oleh karenanya masih terbatas pada pesawat dengan kualifikasi Boeing 737 dan Airbus 320. Nanti pada bulan November, panjang Runway 3 menjadi 3000 a— 60 meter bisa dilaksanakan, semua pesawat bisa mendarat dan take off di situ,” tutur Budi Karya Sumadi.

Budi juga menjelaskan, pergerakan pesawat per jam yang tadinya hanya 75 pesawat per jam dapat meningkat kapasitasnya menjadi 81 pesawat per jam pada saat ini. Pergerakan ini akan dapat bertambah jumlahnya menjadi 100 pesawat per jam pada saat Runway 3 sudah memiliki panjang 3000 m.

“Waktu saya saat masih menjadi Dirut PT AP II Soekarno Hatta pergerakannya 75, sekarang menjadi 81 setiap satu jam. Kalau nanti Runway 3 beroperasi dengan panjang 3000 m, take off landing kurang lebih bisa menjadi 100 per jam,” jelasnya.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya