Gubernur Ridwan Yakin Kunjungan Wisatawan Ke Jatiluhur Kelak Berlipat-lipat

Klik nusae – Event 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exibition merupakan langkah awal penataan Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta, sebagai destinasi wisata. Kelak banyak wisatawan yang akan membajiri destinasi ini.

Keyakinan itu disampaikan  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri event tersebut di Waduk Jatiluhur, Minggu (14/7/2019).

“Ini mengawali kesepakatan antara Pemprov Jawa Barat dengan Perum Jasa Tirta II. Sudah bersih sekali dan nyaman, Tinggal difasilitasi keinginan para wisatawan, sehingga Jawa Barat bisa menaikkan potensi wisata berlipat-lipat,” katanya.

Menurut Emil -demikian Ridwan Kamil disapa–, potensi pariwisata di Waduk Jatiluhur harus mendapatkan atensi.

Pasalnya, kata dia, hal tersebut dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat dengan cepat karena muncul lapangan kerja baru.

Emil pun menyatakan bahwa dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dapat mengembangkan potensi wisata Waduk Jatiluhur secara maksimal. Hasilnya, roda ekonomi di wilayah tersebut akan berputar lebih cepat.

“Dari yang paling bawah ngurus parkir, naik kelas ngurus warung, naik kelas lagi punya restoran, naik kelas lagi punya penginapan selanjutnya punya hotel kecil. Semua ada dilintasan ekonomi parawisata,” katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukan MoU antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Jasa Tirta II mengenai pengembangan dan penataan kawasaan Daerah Aliran Sungai Citarum (DAS). Foto: dok humas jabar

Dan jika hal ini terjadi, Emil meyakini  indeks pengangguran di Kabupaten Purwakarta bisa turun luar biasa.

Pada kesempatan tersebut, Emil pun menyinggung jaring apung. Menurutnya, jumlah jaring apung di Waduk Jatiluhur akan diatur.

Tujuannya, supaya roda ekonomi lokal tetap berputar dan potensi kerusakan lingkungan bisa ditekan.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya