Mudik Melewati Cipali Coba Singgahi 5 Destinasi Ini

Klik nusae – Bagi Anda yang mudik melewati Tol Cipali, ada baiknya jalani dengan santai agar perjalanan tidak membosankan. Caranya bagaimana? Coba dengan mengunjungi beberapa destinasi yang dilintasi.

Jalan Tol Cikopo-Palimanan membentang sepanjang 116 kilometer di wilayah Jawa Barat. Traveler yang mudik jalur ini, akan otomatis melewati beberapa daerah seperti Purwakarta, Subang dan Majalengka.

Nah, di sana banyak berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi sembari pulang ke kampung halaman. Lumayan juga buat refreshing disela-sela macet atau bosan dalam perjalanan.

PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pemegang konsesi jalan tol Cipali menerbitkan buku ‘Inspirasi Wisata dan Kuliner di Sekitar Jalan Tol Cipali’.

Sesuai dengan judul tersebut, buku ini adalah panduan untuk penikmat kuliner maupun para pelancong yang ingin mencari tempat wisata saat menggunakan Tol Cikopo-Palimanan.

“Buku ini sengaja kami kampanyekan dan terbitkan menjelang arus mudik dan balik di lebaran 2019 agar masyarakat selalu well-informed,” kata Vice President LMS, Firdaus Azis,dalam keterangan persnya, Sabtu (1/6/2019).

Upaya ini adalah bagian strategi untuk mengurai kemacetan di dekat Rest Area, jika terjadi kemacetan panjang di dekat RSA.

“Pemudik, bisa keluar tol dan carilah restoran atau musala untuk istirahat, lalu kembali masuk ke tol Cipali. Tarif Cipali dihitung Rp 876 per kilometernya sehingga kalau ditotal biayanya sama dengan jika tidak keluar tol,” lanjut Azis.

Berikut  ada 5 destinasi yang bisa jadi pilihan traveler yang mudik melewati Cipali:

1. Ciater Tea Mountain, Subang

Foto:Klik nusae/adhi

Wilayah Jawa Barat terkenal dengan daerah perbukitan yang sejuk. Salah satunya adalah perkebunan teh Ciater Tea Mountain, yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII.

Perkebunan teh yang membentang seluas 1.650 meter ini memiliki pemandangan indah nan romantis. Di sana, juga ada kedai surabi yang bisa jadi alternatif untuk wisata kuliner.

Apabila ingin berkunjung ke sini, traveler bisa menuju Tol Cikopo-Palimanan, keluar gerbang tol Subang di KM 109 lalu belok kanan ke Jl Otto Iskandardinata.

Lurus terus sampai bundaran lalu menuju Jl RA Wangsa Ghofrana dan belok kanan ke Jl Letnan Jend. S. Parman.

Kemudian belok kiri ke Jl. Jend. Achmad Yani lalu terus ke Jl. Raya Cijambe dan Jl. Raya Cagak-Subang. Kemudian belok kiri ke Jl. Palasari Dua – Babakan Gn. sampai terus ke Jl. Raya Ciater. Tujuan ada di sebelah kiri.

1. Waduk Jatiluhur, Purwakarta

Waduk Jatiluhur,Purwakarta. Foto:Klik nusae/adhi

Salah satu tempat wisata ikonik di Purwakarta adalah Waduk Jatiluhur. Di sini, terdapat beberapa wilayah wisata yang bisa dijadikan alternatif lho.

Misalnya saja Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur dan Parang Gombong. Traveler bisa melihat pemandangan waduk, waterpark sampai berkemah di sekitarnya.

Ditambah lagi dengan Restoran Jatiluhur yang punya pemandangan cantik mengarah ke waduh dengan hidangan ikan segar.

Untuk mencapai ke sini, traveler bisa ke luar di gerbang tol KM 72 dan ambil jalur Jl Raya Cikopo, kemudian ke Jl Ciganea/Jl Tol Purbaleunyi. Keluar dari Jl Tol Cipularang dan ambil Jl Pramuka dan Jl Ir. H. Juanda ke Jl Waduk Jatiluhur di Jatimekar.

1. Pink Ice Cream, Cirebon

Foto:IG-@misshyku

Lagi zaman nih, pergi ke destinasi wisata selfie. Kalau sedang di Cirebon, jangan lupa mampir ke Pink Ice Cream ya.

Inilah tempat wisata selfie dengan berbagai spot buatan yang instagrammable. Mulai dari pisang berwarna pink raksasa, sampai kolam bola yang unik banget.

Di dekat sana, juga ada empal asem di RM Empal Asem Haji Abud.

Jika mau ke sini, letaknya berada di Jl. Tuparev No. 168, Kedawung, Kota Cirebon. Akses menuju tempat ini via Tol Cikopo-Palimanan, keluar di gerbang tol Palimanan 2 di KM 188, lalu lurus ke Jl. Otto Iskandardinata.

Ambil jalan keluar menuju Plered. Lurus terus di Jl. Tuparev ke area Kedawung. Tempat yang dituju ada di sebelah kanan.

1. Paraland Resort, Majalengka

Foto:Klik nusae/adhi

Melihat panorama Majalengka dari ketinggian, maka Paraland Resort adalah tempat terbaiknya. Selain pemandangan indah, ada berbagai wahana menarik lho di sini.

Letak Paraland Resort berada di Puncak Gunung Paten, sehingga traveler bisa melihat kota Majalengka dengan jelas dengan suasana yang sejuk. Wahana seperti outbounf, paintball, zip bike dan flying fox juga bisa ditemukan di sini.

Paraland Resort terletak di Jl Gunung Panteng Majalengka, Munjul, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka.

Untuk menuju tempat ini bisa melalui Tol Cikopo-Palimanan, keluar di pintu Gerbang Tol Kertajati di KM 158, lalu belok kanan melingkar ke Jl Kertajati-Kadipaten, lalu ke Jalan Siliwangi dan sampai bundaran ambil jalan ke Jl. Siti Armilah, lalu belok kanan ke Jl K.H. Abdul Halim, terus dan kemudian belok kanan ke Sidamukti dan ikuti jalan menuju Paraland Resort.

5. Pantai Legenda Tirtamaya, Indramayu

Foto:IG-@roely-qo

Ingin menikmati daerah pesisir dengan ombak yang menenangkan? Artinya, traveler harus coba ke Pantai Legenda Tirtamaya.

Di sini, traveler bisa menikmati pantai sembari menyeruput es kelapa yang segar. Selain itu, di sekitar pantai juga ada penjual seafood seperti kepiting, ikan, cumi-cumi dan jenis lainnya.

Letaknya berada di Jalan Raya Cirebon-Indramayu, Junyinyuat, Indramayu. Apabila ingin ke sini, traveler melalui Tol Cipali-Palimanan, keluar di Gerbang Tol Kertajati, lalu ambil Jl. Jatibarang – Kadipaten dan Jl. Raya Jatibarang-Indramayu, lalu arahkan perjalanan ke Jalan Raya Juntinyuat kemudian ke Juntikedokan.