Ridwan Kamil Ingin Jadikan Gunung Padang Seperti Borobudur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menyulap Gunung Padang di Kabupaten Cianjur seperti Candi Borobudur di Jawa Tengah. Tujuannya untuk menjaring wisatawan. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Ini bukan sekedar mimpi. Tapi keinginan yang tak sulit diwujudkan. Apalagi aset yang tersedia memungkinkan untuk menjadikannya sebuah kenyataan.

Ya,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin menjadikan Gunung Padang sebagai salah  satu tujuan wisata menarik di Jawa Barat.

Situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum yang terletak di Desa Karyamukti, Cianjur itu  akan ditata dan dikonservasi secara profesional oleh Pemprov Jawa Barat.

“Tujuannya agar artefak di Gunung Padang tidak rusak karena aktivitas wisatawan dan pedagang,” tulis Ridwan Kamil dalam  akun Instagram miliknya.

“Situs Megalitikum dunia di Gunung Padang di Kabupaten Cianjur tahun depan akan ditata dan dikonservasi secara profesional oleh Pemprov Jabar, agar tidak semakin rusak atau terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan,” kata Kang Emil-begitu sapaan akrabnya.

Gunung Padang di Kabupaten Cianjur,Jawa Barat. Foto:IG

Dengan penataan dan pemeliharaan yang baik, pria yang karib disapa Emil itu berharap situs yang diperkirakan dibangun pada 117 tahun sebelum Masehi tersebut dapat menjadi destinasi wisata sejarah seperti Candi Borobudur.

“Situs ini menjadi bukti tingginya peradaban Sunda Kuno di masa lalu yang harus dilestarikan secara baik. Semoga akan menjadi destinasi sejarah yang tertata secara maksimal seperti kawasan Candi Borobudur. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya,” katanya.

Gunung Padang banyak dikunjungi wisatawan sejak mencuatnya spekulasi keberadaan piramida besar di dalam Gunung Padang pada 2012 lalu.

Konstruksi teras dinding di situs ini dinilai mirip dengan konstruksi yang ada di Machu Pichu Peru.

Rencana konservasi situs itu disambut baik warga. Sejumlah komentar warganet disampaikan, termasuk usulan agar Ridwan Kamil meninjau langsung kondisi Gunung Padang supaya mengetahui persis apa yang harus diperbaiki.

“Akses menuju lokasinya juga harus diperbaiki pak misalnya petunjuk jalan, yang paling utama kondisi jalan yang kurang bagus menuju gunung padang via warung bitung campaka,” tulis akun @dwijayakusumah1234, mengomentari keinginan Emil tersebut.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya