Gumuk Pasir Menjadi Unggulan Wisata Yogyakarta

Gumuk Pasir di Parankusumo,Bantul.Yogyakarta ini mirip dengan Gurun Sahara dengan keindahan alam sekelilingnya. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan asinhg terus dilakukan  Dinas Pariwisata Bantul, Yogyakarta. Salah satunya,dengan menyiapkan destinasi unggulan yang ada seperti  wisata budaya dan alam.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, pihaknya terus berkomitmen meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke bumi Projotamansari. Alasannya, dari jumlah kunjungan tahun 2017 sebanyak 3,7 juta pengunjung, wisatawan asing yang datang hanya di kisaran 10.000an orang.

“Untuk wisatawan asing masih kecil. Kita berupaya menaikkan (kunjungan wisatawan),” katanya saat dihubungi wartawan, Jumat (6/7/2018).

Menurut Kwintarto, pihaknya telah menyiapkan strategi khusus di antaranya destinasi yang memiliki ciri khas dan karakteristik berbeda dengan tempat lain, seperti wisata alam gumuk pasir dan wisata budaya Makam Raja di Imogiri.

Untuk makam raja merupakan perpaduan antara wisata sejarah dan budaya. “Makam raja didukung sentra kerajinan batik dan kuliner, sehingga bisa menarik wisatawan asing,” ucapnya.

Untuk gumuk pasir, lautan pasir ini tentunya menjadi sangat khas karena jarang ditemui di tempat lain. “Untuk gumuk pasir di dunia hanya ada di dua tempat dan salah satunya berada di wilayah Bantul,” katanya.

Kini banyak wisatawan asing maupun domestik menjadikan Gumuk Pasir sebagai destinasi favorit. Foto:IG

Kwintarto memaparkan, untuk meningkatkan kunjungan wisman pihaknya melakukan koordinasi dengan instansi lainnya, termasuk dengan Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat karena kedua lokasi tersebut merupakan milik kraton.

Selain menyiapkan destinasi unggulan, lanjut Kwintarto, pihaknya juga memperlengkapi faslilitas dan sarana pendukung lain, salah satunya dengan menyiapkan toilet seperti di hotel berbintang.

“Gumuk pasir dan Makam Raja di Imogiri bisa menjadi unggulan dalam menggaet wisatawan asing. Yang jelas, kami siap mengembangkan dua lokasi ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar negeri,” katanya.

Anggota Komisi B DPRD Bantul, Setiya mengapresisasi langkah Pemkab Bantul untuk memperkenalkan destinasi wisata ke mancanegara.

Namun dia berharap pemerintah serius dalam mewujudkan hal itu. Mulai dari pembangunan infrastruktur sarana prasarana pendukung, serta promosi.

“Pembangunan harus ada integrasi kawasan antara satu destinasi ke destinasi lain, sehingga saling melengkapi,” kata Setiya.

(adh/kom)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya