Menparekraf Sandiaga Uno Terapkan Redistribusi Wisata Paket 3B, Apa Itu?

KLIKNUSAE.com – Menparekraf Sandiaga Uno terapkan redistribusi wisata paket 3B. Hal ini bertujuan untuk mengurai agar pariwisata Bali tidak  hanya terkonsentrasi di bagian selatan.

Melalui peluncuran paket wisata 3B—Banyuwangi, Bali Barat, dan Bali Utara—ia berupaya meredistribusi kunjungan wisatawan demi pemerataan.

Program hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah Banyuwangi, Jembrana, dan Buleleng ini diresmikan di Sanggar Genjah Arum, Banyuwangi, baru-baru ini.

“Paket ini menjadi pintu masuk untuk mengalihkan beban pariwisata dari Bali Selatan ke wilayah utara dan barat Bali, melalui Banyuwangi yang dikenal sebagai gerbang Jawa, sunrise of Java,” ujar Sandiaga di sela acara.

Sementara itu, program 3B merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBWI).

BACA JUGA: IP Branding Project Bali, Mampu Mendongkrak Tumbuhnya Pelaku UMKM

Dimana, program ini  dirancang untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mengurangi dominasi wisatawan di kawasan Bali Selatan.

Rencananya, paket wisata ini akan tersedia di microsite www.indonesia.travel dan di berbagai platform agen perjalanan daring.

Menyambut Liburan Akhir Tahun

Tak hanya itu, paket 3B menyajikan pesona khas masing-masing daerah. Mulai,  dari eksotisme Desa Wisata Kemiren, G-Land, Alas Purwo, dan Kawah Ijen di Banyuwangi.

Termasuk, Taman Nasional Bali Barat dengan burung Jalak Bali-nya hingga keindahan Desa Wisata Tembok, Desa Wisata Les, Lovina, dan Pemuteran di Bali Utara.

BACA JUGA: Lengkapi Wisata Banyuwangi, Jatimpark Group Bangun Theme Park

“Kita harapkan paket ini sudah bisa dipesan untuk menyambut liburan akhir tahun dan Tahun Baru Imlek,” kata Sandiaga.

Ia optimistis program ini mampu menarik 10 hingga 15 persen dari 7 juta wisatawan yang mengunjungi Bali, meski awalnya menargetkan 20 persen.

“Karena keterbatasan akses penerbangan ke Banyuwangi, targetnya kami sesuaikan menjadi sekitar 700 ribu hingga 1 juta wisatawan,” katanya.

Sedangkan peluncuran ini juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah, dan Plt Kadispora Banyuwangi M. Alfin Kurniawan.

BACA JUGA: Pelabuhan Perikanan Nusantara akan Diubah Jadi Destinasi Wisata Bahari

Sandiaga juga didampingi sejumlah pejabat Kemenparekraf, seperti Masruroh, Bayu Aji, Wawan Rusiawan, Brigjen TNI Ario Prawiseso, Dwi Marhen Yono, Iman Santosa, dan Oneng Setyaharini.

Dengan paket 3B, Sandiaga berharap pariwisata Indonesia kian bergairah, lebih merata. Disamping, tidak lagi terpusat hanya di satu kawasan.

Sebuah upaya untuk mendorong eksplorasi pariwisata nusantara yang lebih luas dan berkelanjutan. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya