Sandiaga: Akan Ada Program Baru Untuk Genjot Pariwisata

Kliknusae.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa perayaan lebaran 2021 masih dalam suasana tertekan oleh pandemi.

Namun, ia mengatakan bahwa dengan meningkatkan kreatifitas, masyarakat Indonesia bisa melewati masa krisis ini.

“Adanya larangan mudik Lebaran kali ini juga rasa rindu ke handai taulan sedikit terobati dengan kiriman hampers sebagai produk kreatif,” kata Sandiaga, dilansir dari Viva, Senin 17 Mei 2021.

Ia menyebutkan meski beberapa pemberlakuan aturan pembatasan dan larangan mudik 2021, lewat program #EnggakMudikDibikinAsyik, sedikitnya para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif mampu bergeliat.

“Alhamdulillah banyak produk UMKM ke sanak saudara handai taulan ke kampung halaman dengan produk ekonomi kreatif, kuliner, fesyen dan produk lain yang dikemas dan ditata dalam sebuah keranjang serta diberikan subsidi ongkir,” kata Sandiaga.

Ia melanjutkan bahwa meski sudah dua kali melewati lebaran dengan pandemi, hal tersebut mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kita harus makin kreatif dan produktif ini kementerian yang terus gelorakan inovasi adaptasi dan kolaborasi produktifitas dan kreativitas harus menjadi unsur yang tidak terpisahkan agar kita bisa mengatasi masalah kesehatan,” ungkap Sandiaga.

Oleh karena itu, Sandiaga mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong pergerakan tersebut dengan menyiapkan program dan bantuan terhadap pelaku wisata.

“Kami di Kemenparekraf akan meluncurkan program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu agar kita bisa membantu 34 juta saudara-saudara kita yang terdampak Pandemi COVID,” kata Sandiaga.

Ia juga memastikan bahwa program Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE) akan terus berjalan. Selain itu, akan diperkuat dengan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) dan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment).

“Program CHSE akan terus kita dorong. Selanjutnya, 3M, 3T, jadi bagian yang tidak terpisahkan dari pariwisata kita dan dengan kita terus bergandengan tangan Allah bisa membukakan jalan agar ekonomi kita puli,” pungkasnya. (*/JAV)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya