Kawasan Gunung Gede Pangrango Tutup Sementara untuk Pendakian

CIANJUR, KLIKNUSAE.com – Kawasan Gunung Gede Pangrango di Cianjur, Jawa Barat ditutup sementara untuk pendakian hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Penutupan ini dilakukan selama pelaksanaan PPKM Darurat sebagai upaya menekan penularan COVID-19 karena trennya meningkat sejak tiga bulan terakhir.

“Semua kegiatan yang ada di lingkungan taman nasional seperti wisata alam, dihentikan selama PPKM Darurat dilakukan, termasuk pendakian untuk kesekian kalinya kembali ditutup,” kata pimpinan Humas Balai Besar TNGGP Poppy Oktadiany saat dihubungi di Cianjur, Minggu 4 Juni 2021.

BACA JUGA: Melebihi Kuota Pendakian, Gunung Gede Pangrango Akhirnya Ditutup

Ia menjelaskan penutupan itu mengacu pada pemerintah pusat yang terus berusaha menekan angka penularan virus berbahaya yang terus meningkat.

Selain itu juga  sebagai upaya menindaklanjuti surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia terkait dengan implementasi PPKM Darurat Jawa Bali.

Seluruh kegiatan akan kembali dibuka setelah 20 Juli, namun akan disesuaikan dengan petunjuk pemerintah terkait dengan perkembangan kasus COVID-19.

Ia menjelaskan kalau masih mengalami peningkatan, kemungkinan penutupan kembali diperpanjang hingga batas waktu yang tidak dapat ditentukan.

BACA JUGA: 6 Gunung di Jawa Barat Untuk Pemula

“Informasi dari Satgas COVID-19, kalau angka penularan masih tinggi, maka penutupan akan diperpanjang sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Kalau sudah memungkinkan kita akan buka kembali seluruh kegiatan,” katanya.

Ia menuturkan terkait dengan ditutupnya semua aktivitas tersebut, telah disebar melalui media resmi TNGGP dan media sosial lainnya, agar pendaki atau wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan tersebut, dapat menahan diri sebagai upaya membantu penanganan cepat COVID-19.

“Selama enam bulan terakhir, kami sudah tiga kali melakukan penutupan, untuk pemulihan ekosistem dan pemeliharaan jalur pendakian, antisipasi melonjaknya pendaki setelah Lebaran dan PPKM Darurat, kami berharap semua pihak dapat memaklumi,” katanya.

Kawasan Gunung Gede Pangrango Pangrango selama ini menjadi salah satu gunung favorit di Jawa untuk pendakian. Di kaki gunungnya, ada beberapa curug yang bisa menyegarkan perjalanan.

Selain bisa merasakan udara yang lebih bersih, kita juga bisa menikmati indahnya berbagai air terjun. Akan lebih baik, berangkat selesai subuh dengan menggunakan kendaraan roda dua. Dua setengah jam Perjalanan kami tempuh dari Jakarta menuju puncak Taman Nasional Gede Pangrango. ***

Sumber: Antara

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya