Situ Jatijajar Dibangun Sebagai Objek Wisata Baru Depok

KLIKNUSAE.com – Situ Jatijajar di Tapos, Kota Depok, Jawa Barat kini sedang dipersiapkan untuk menjadi salah satu destinasi wisata baru.

Untuk merealisasikan proyek tersebut, pemerintah daerah telah menyiapkan dana sebesar Rp2,7 miliar.

“Pekerjaan revitalisasi Situ Jatijajar sudah 60 persen. Tinggal 40 persen lagi untuk diselesaikan, dengan anggaran sebesar Rp2,7 miliar,” kata Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Hasbullah Rahmad, di Depok, Senin 12 Juni 2023, usai meninjau proyek revitalisasi situ di Depok.

BACA JUGA: Pemda Jabar Anggarkan 30 Miliar untuk Padepokan Pencak Silat Jatinangor

Dikatakan Hasbullah Rahmad, revitalisasi Situ Jatijajar diperuntukkan untuk menjaga kelestarian, tandon (penampungan) air dan tempat wisata lokal.

“Di wilayah Situ Jatijajar ada cagar budaya juga. Saya kira itu lengkap Situ Jatijajar. Harus kita promosikan juga kalau disini ada situs sejarah ada juga rekreasi wisata alam,” tuturnya.

Hasbullah Rahmad berharap usai dilakukan revitalisasi  harus ada kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi yakni UPT SDA Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Kemenparekraf Perkuat Kolaborasi untuk Mengejar Peringkat TTDI

“Ini kan kalau sudah dibangun harus ada yang memelihara. Jadi saya kira, UPT SDA provinsi bisa berkolaborasi dengan Pokdarwis (di Depok). Karena hampir semua situ di Depok ada Pokdarwisnya,” ungkapnya.

Menurut Hasbullah Rahmad ada 23 situ di Kota Depok memiliki potensi besar jika dikelola dengan baik dan menampung jutaan meter kubik air.

“Kalau ditata secara baik, itu menjadi tempat kunjungan wisata lokal yang baik. Sehingga ada pertumbuhan ekonomi juga,” katanya.

“Kalau dibuat panggung hiburan itu menumbuhkan budaya juga. Jadi saya kira banyak faedahnya lah kalau ini dikelola secara baik,” sambungnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya