Sandiaga Mengajak Anak Muda Bandung Barat Jadi Entrepreneur

KLIKNUSAE.com – Menparekraf Sandiaga Uno mengajak anak muda Bandung Barat, Jawa Barat  masuk dalam dunia entrepreneur (wirausahawan).

Ajakan itu ia sampaikan saat menghadiri acara Annual Meeting 2023 Ide Indonesia Entrepreneur Club, di Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 25 Februari 2023.

“Jadi posisi wirausaha muda ini sangat penting dalam menyokong ekonomi, membuka lapangan kerja,” kata Sandiaga Uno menyemangati anak muda Bandung Barat.

Program wirausawahan sejalan dengan upaya pemerintah mendorong 4,4 juta lapangan kerja hingga tahun 2024.

BACA JUGA: Digetok Tarif Bus Rp150 Ribu, Pelaku Pariwisata Bandung Geram

Ditambahkan Sandiaga,  generasi muda memiliki kemampuan dalam menyokong ekonomi bangsa melalui inovasi yang mereka lakukan.

Generasi muda diharapkan bisa ikut menciptakan peluang baru, yaitu sektor ekonomi kreatif yang memiliki peluang untuk dikembangkan para generasi muda Indonesia.

“Kami juga terus mendorong gerakan usaha kreatif. Kami lakukan dengan meningkatkan kemampuan atau skill pada bidang tertentu, agar mereka mampu bersaing,” kata dia lagi.

Menurutnya, setidaknya ada beberapa kriteria agar masyarakat bisa bersaing pada kondisi saat ini. Mulai dari inovasi, adaptasi, kolaborasi, mampu mengambil risiko, membangun networking, softskill, kerja keras cerdas dan ikhlas, katanyay pula.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Dorong Budikamber di Ponpes Sekolah Alam Tunas Mulia, Apa Itu?

Membuka lapangan kerja

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Presiden RI Arif Marbun menambahkan kalangan muda memiliki potensi besar ikut serta membangun bangsa. Dan mereka bisa menjadi pengusaha dengan membuka lapangan kerja.

“Saya kira mereka bisa tumbuh menjadi pengusaha yang bisa memberi manfaat bagi bangsa ini. Saya lihat anak muda di Ide Preaner Club punya potensi yang cukup. Kalau mereka terus kita dorong dan kembangkan, bisa melahirkan konglomerasi baru,” kata dia.

Akan tetapi, katanya lagi, kalangan muda tetap harus menjalin kolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dan dengan kolaborasi, sehingga mereka menjadi kuat.

BACA JUGA: Pelaku Ekonomi Kreatif Didorong agar Lebih Berdaya Saing, Ini Saran Sandiaga

“Tapi memang harus kolaborasi, supaya kuat. Bisa saling mendukung, tidak bisa berdiri sendiri. Pengusaha bantu pemerintah, kami juga bantu pengusaha,” kata dia pula.

Ketua Umum Ide Indonesia Entrepreneur Club Wibi Setiyofen mengatakan, Ide Preaner Club terus mendorong generasi muda terlibat dalam pembangunan bangsa.

Mereka bisa terlibat menjadi entrepreneur dan menciptakan lapangan kerja.

Di tengah kondisi ekonomi saat ini, membuka lapangan kerja akan membantu mengangkat kemiskinan.

“Pemuda memiliki peran penting, dengan menjadi entrepreneur dan membuka lapangan kerja. Tapi memang perlu kolaborasi,” kata dia lagi.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dorong Peningkatan SDM di Desa Sibandang Danau Toba

Ide Preaner Club, katanya pula, adalah organisasi non profit dengan ratusan anggota dari seluruh Indonesia.

Mereka berasal dari pengusaha tekstil, R&B, food, dan lainnya. Juga beberapa anggota yang bergerak pada organisasi sosial.

“Kami hadir dari berbagai darah, membangun jejaring untuk kolaborasi. Kami akan fokus di netwoking, kolaborasi, membuka peluang kerja. Harapannya, kami bisa membantu membuka lapangan kerja,” katanya lagi.

Acara Annual Meeting 2023 digelar di Bandung dan menghadirkan berbagai narasumber, seperti Sandiaga Uno, Tjahjono Haryono, Arif Marbun, Jusuf Hamka, dan lainnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya