Pelaku Ekonomi Kreatif Didorong agar Lebih Berdaya Saing, Ini Saran Sandiaga

KLIKNUSAE.com – Pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Gorontalo sedang didorong untuk lebih memaksimalkan pengolahan jagung agar menjadi produk yang lebih berdaya saing.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri Pelatihan Olahan Jagung Menjadi Susu dan Puding, di Gorontalo, Rabu 13 Juli 2022.

Ia mengemukakan bahwa Gorontalo menjadi salah satu lumbung produksi jagung nasional karena tanahnya yang subur.

Sandiaga menjelaskan bahwa banyaknya produk turunan yang dihasilkan dari jagung, maka nilai jual jagung akan stabil, sehingga pendapatan para petani jagung di Gorontalo akan meningkat dan sejahtera.

BACA JUGA: Kadin Daerah Harus Naik Kelas, Ini Pesan Luhut Panjaitan

“Kita yakin dengan terobosan-terobosan baru dalam pengolahan jagung. Kita punya peluang untuk bangkit. Artinya, kita juga bisa bersaing di tingkat nasional ataupun internasional,” ujarnya.

Sandiaga menyampaikan Kemenparekraf bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Setara, memberikan pendampingan dan pelatihan.

Yaitu dengan memberikan edukasi  salah satu produk turunan dari olahan jagung yakni pembuatan susu dan puding jagung.

“Hari ini ibu-ibu belajar mengolah jagung menjadi produk susu yang bisa dijadikan minuman susu kemasan, es susu jagung, bahkan susu sereal jagung,” tanasnya.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Digitalisasi Terbukti Membantu Pelaku Ekonomi Kreatif

“Bahkan, beberapa contoh diversifikasi produk kuliner yang bisa langsung diterapkan. Kita berharap manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Gorontalo. Kalau nilai tambahanya meningkat, lapangan kerjanya akan meningkat,” sambungnya.

Turut mendampingi Menparekraf, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso serta turut hadir, Plt Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya