Cara GM Sari Ater Kamboti Hotel Mendobrak Peringkat Bergengsi

KLIKNUSAE.com – Sebuah pencapaian yang tidak mudah. Sari Ater Kamboti Hotel ketika dua tahun lalu berada di peringkat ke 190.

Kini, hotel yang terletak di Jalan Lemah Nendeut No 7 Kota Bandung, Jawa Barat tersebut melejit di urusan ke-3 dari 615 hotel di Bandung.

TripAdvisor, perusahaan perjalanan online Amerika itu pun memberikan bintang 5 dalam ulasan pelayanan hotel terbaik.

Lalu, bagaimana pencapaian ini bisa diraih. Kliknusae.com, Minggu 14 Agustus 2022 berkesempatan  menghubungi General Manager (GM) Sari Ater Kamboti Hotel, Iwan Rismawardani.

Menurutnya, suatu pencapaian hasil yang memuaskan bukan didapat begitu saja. Apalagi yang menilai adalah pihak ke tiga yang merasakan langsung pelayanan yang diberikan.

BACA JUGA: Sari Ater Kamboti Hotel Raih ‘Traveler’s Favorite’ 2022, Ini Kata Kuncinya

“Perlu kerja cerdas dan tuntas di tengah persaingan nama besar chain hotel (sekelompok hotel bermerek yang diatur bersama dalam sebuah aturan bisnis waralaba) yang bergelimpangan di Kota Bandung,” kata Iwan.

“Sementara Sari Ater Kamboti Hotel baru muncul dua tahun yang lalu me-rebranding Hotel Garden Permata,” sambungnya.

Diungkapkan Iwan, dari teori analisa situasi yang terdiri dari Product, Market, Competitor, Market Segmentasi serta evaluasi bisa kita dapatkan sebagai penentu positioning akan berada dimana.

Teori marketing yang paling utama

Namun dari semua teori-teori marketing yang ada, katanya, ternyata faktor Human Resources paling utama untuk menjalankan semuanya.

BACA JUGA: Peringatan HUT Ke-48 Sari Ater, Ini Pesan Direktur Operasional Herrie Hermanie

“Kebanyakan leader hanya memberikan target yang harus dicapai. Tetapi tidak detail memberikan pengarahan kepada staff, bagaimana cara mencapai target tersebut,” ujarnya.

Banyak juga Leader yang mendapatkan data dari staf, namun tidak dapat mengolah dan menganalisa data.

Foto: Dok.Pribadi

Akibatnya, tak sedikit yang kemudian salah dalam pengambilan keputusan. Bahkan, data dibiarkan begitu saja.

Diakui Iwan—yang juga Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Jawa Barat ini, pengalaman 17 tahun menjadi General Manager di berbagai hotel dan property, Sariater Kamboti memiliki tantangan sendiri untuk ditaklukkan.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Keberadaan Balon Udara Sari Ater Bisa Jadi Unggulan

Selain pengalihan hotel dalam keadaan tutup dikarenakan pandemi covid 19 juga saat itu tidak dalam keadaan perawatan yang baik.

Hotel system pada Building, Air Conditiong , Plumbing system, fire safety security, Generator, trafo dan problem Lain yang harus di beresan secara comprehensive.

“Mengidentifikasi masalah adalah hal utama yang dilakukan untuk menjadi skala prioritas perbaikan agar hotel dapat beroperasi,” ungkapnya.

Tetapi ada hal penting yang menjadi andalan untuk menjalankan operasi hotel ini yakni komitmen para Department Head .

BACA JUGA: Sari Ater Berangkatkan Karyawan Umrah, Ada Yang Mandiri Lho

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni mau bekerja bersama sama agar hotel ini dapat beroperasi dengan baik.

“Dimana, berjalannya waktu koordinasi dan komunikasi tumbuh dengan baik. Kegiatan training juga terus bergerak sebagai komitmen memberi layanan terbaik kepada tamu,” tambah Iwan.

Setelah internal bertahap diperbaiki , lalu meningkat kepada kualitas produk dan layanan yang penting menjadi komitmen bersama seluruh staf.

Menjawab Complaint Tamu

Dikemukakan Iwan, pada awal pembukaan tidak sedikit complaint dari tamu. Namun demikian, complaint tersebut justru ini sebagai penyemangat bagi team.

BACA JUGA: Sari Ater Kembangkan Wahana River Tubing Air Panas Alami, Ini Suasananya

Utamanya, untuk terus melakukan evaluasi sehingga dapat terus memperbaiki diri untuk peningkatan kualitas layanan lebih baik lagi.

Waktu begitu cepat. Ketika beberapa hotel lainnya, tak mampu “hidup”  akibat terpaan pandemic Covid-19.

Sari Ater Hote Kamboti dapat bertahan, setelah team saling bahu membahu untuk  dapat melewatinya pandemi. Bahkan, peringkat demi peringkat berhasil dicapai dengan penuh bersyukur. Dan, tetap bisa bertahan serta dapat bersaing dengan market di Kota Bandung.

Pada tahun ini  (2022) ini pula  Sari Ater Kamboti Bandung juga mendapatkan 9.6 traveller Favourite dari Pegipegi.com

“Terima kasih untuk kepercayaan para tamu serta seluruh team dan semua pihak yang membantu,” tutup Iwan yang menyandang gelar akademisi SE.MM.Par.CHA ini.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya