‘Program Kampung Sehat’ & Penerapan Prokes, Hidupkan Pariwisata Lombok Tengah

Kliknusae.com – Destinasi desa wisata Kampung Adat Sade di Desa Rembitan Lombok Tengah, termotivasi oleh program Kampung Sehat 2. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Sanah menjelaskan kampung tersebut menerapkan prokes guna meningkatkan memulihkan kondisi tempat wisata di tengah pandemi COVID-19.

“Penerapan protokol yang ketat pada program kampung sehat 2 ini, merupakan salah satu upaya kami untuk memikat kembali para pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Sanah dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3) dilansir Kliknusae.com dari Detik.

Sanah mengatakan sebelum ada pandemi, Kampung Adat Sade biasa dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Jumlahnya hingga 2.000 pengunjung setiap harinya. Namun, kondisi pandemi ini, pengunjung menyusut drastis.

Dirinya melanjutkan bahwa lewat program Lomba Kampung Sehat, masyarakat akan menerim edukasi untuk menerapkan pola hidup sehat dan disiplin protokol kesehatan. Hal ini dipercaya mampu memikat wisatawan agar kembali berkunjung.

Pemandu Wisata Kampung Adat Sade, Abdul Rahim mengatakan dengan penerapan protokol kesehatan dan program kampung sehat, beberapa destinasi wisata di Lombok Tengah mulai bergeliat.

Dirinya berpendapat bahwa di Sade pengunjung mulai mendatangi desa wisata ini meski jumlahnya tak sebanyak saat sebelum Covid-19 mewabah. Banyak wisatawan yang menanyakan penerapan protokol kesehatan di destinasi yang akan dikunjunginya.

“Rata-rata tamu yang saya antar pasti menanyakan protokol kesehatan di tempat wisata yang dituju, ini sebabnya saya mengatakan bahwa pengetatan protokol kesehatan ini berdampak positif bagi tempat wisata, sebab tidak membuat ragu wisatawan yang akan datang,” pungkas Sanah. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya