9 Makanan Khas Belitung Bikin Kamu Gagal Diet. Cek Rekomendasi Tempatnya!

Kliknusae.com – Belitung memiliki nama lain Belitong, merupakan salah satu potongan surga di Sumatera. Pulau ini tak hanya pantai indah dan batu besa yang megah, ragam kuliner yang nikmat. Terletak dekat dengan laut, membuat makanan khas Belitung ini didominasi oleh hidangan bahari.

Jika kamu sedang atau berencana ke Belitung, wajib coba daftar kuliner khas Belitung yang menggugah selera.

Mie Belitung

Bagi kamu penggemar bakmi, harus mencoba mie khas Belitung ini. Salah satu toko yang menjual menu ini adalah Mie Atep.

Perbedaannya terletak pada komposisi mie, yakni yang terdiri dari kentang, ketimun, udang, emping dan disiram kuah yang berbahan udang. Rasa gurih manis akan bergelora di mulutmu saat menyantap kuliner khas Belitung ini. Tekstur mienya yang kenyal juga membuat hidangan ini semakin menggoda.

Tempat ini terletak di Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Harga satu porsinya mulai dari Rp18 ribu.

Gangan

gangan makanan khas belitung

Foto: indonesiakaya.com

Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih. Gangan memiliki bahan dasar ikan tenggiri dengan bumbu cabe rawit asli Belitung yang beraroma khas. Selain ikan, gangan juga bisa dibuat menggunakan daging sapi. Masakannya disebut gangan darat.

Restoran yang terkenal dengan sajian gangannya di Belitung adalah RM Gangan Sari yang terletak di Jl. Irian 2 No. 4, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung Untuk makan disini kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp37 ribu.

Ketam Isi

Hidangan ini mungkin bisa dibilang unik. Jika kamu biasa menyantap kepiting olahan biasa, ketam isi ini akan menggugah seleramu. Pasalnya, saat membuat ketam isi, daging kepiting atau rajungan dikeluarkan dari cangkangnya lalu dibumbui dan ditambahkan telur. Daging yang sudah diolah ini dimasukkan lagi ke dalam cangkang kemudian digoreng.

Kamu bisa beli untuk oleh-oleh, karena Ketam Isi Madena menyediakan olahan dalam keadaan beku. Yuk langsung sambangi tokonya di Jl. Pattimura, Tj. Pendam, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Satu paketnya ditaksir dengan harga Rp125 ribu.

Otak Otak

Ikan tenggiri kembali jadi bahan olahan makanan khas Belitung yang lezat. Otak-otak memiliki tekstur kenyal dengan rasa ikan tenggiri yang manis, gurih dan smoky. Dicocol dengan sambal, kamu tidak akan cukup jika hanya mencicip.

Di Belitung, kedai Otak Otak Sandi merupakan tempat yang populer untuk menyantap hidangan ini. Tersedia otak-otak panggang, goreng dan rebus dengan pilihan sambal tauco yang khas.

Tempat ini terletak di Jl. Madura No.636, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Harganya mulai dari Rp4 ribu.

Cakien

cakien

sumber: okzeone.com

Makanan khas Belitung yang berbalut kulit tahu mengkilap ini akan menggugah seleramu. Isinya adalah bakso ikan, kamu bisa menemukan hidangan ini di berbagai rumah makan yang ada di Belitung. Salah satunya Bakmi Yamien Achoi.

Cakien ini bisa juga disantap bersama semangkuk bakso. Tempatnya terletak di Jl. Madura, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Harga satu porsinya mulai dari Rp20 ribu.

Suto Belitung Mak Janah

Suto Belitung adalah soto khas dari Belitung. Penampilannya berbeda dengan soto dari daerah lain. Memiliki kuah santan yang kental dan diisi dengan irisan lontong, irisan daging, bihun dan kentang rebus.

Penampilannya sederhana, namun memiliki rasa yang kaya. Kuah santan yang kental itu direbus bersama iga sapi.

Suto Belitung Mak Janah terletak di Jl. Merdeka, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Di sini kamu bisa menyantap satu porsi suto dengan harga Rp10 ribu.

Nasi Gemok

Jika kamu sedang berada di Belitung, coba nongkrong ala Belitung di Warung Kopi Ake. Di sini menyediakan makanan khas Belitung yang menarik, yaitu nasi gemok.

Nasi gemok ini dibungkus daun simpor, isiannya yakni, ikan bebulus yang merupakan ikan khas Belitung. Kuahnya juga berbahan ikan bebulus.

Tak hanya nasi, kamu juga bisa pesan segelas kopi di warung yang sudah berdiri sejak tahun 1922 ini. Alamatnya di Jl. Veteran No.47, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Harga makanannya mulai dari Rp6 ribu.

Songsui

Songsui

Songsui – Sumber: pergikuliner.com

 

Songsui berbahan jeroan babi. Jadi, untuk yang Muslima tidak disarankan menyantapnya ya!

Di rumah makan Songsui Akwet yang terletak di Jl. Suryo No.55, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan songsui dengan kuah yang diberi angciu atau arak anggur merah sehingga warnanya tidak bening.

Disantap bersama kerupuk kulit yang ditaburkan di atasnya akan menambah sensasi lezat dari semangkuk songsui. Tersedia juga kecap cabe rawit untuk kamu yang suka pedas. Satu porsinya sendiri mulai dari Rp25 ribu.

Berego

Seporsi berego ini tampak menggugah selera dengan tampilannya yang putih. Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu yang dikukus.

Berego kemudian dipotong dan disajikan dengan kuah kari ikan. Rumah Makan Belitong Timpo Duluk terletak di Jl. Lettu Mad Daud No.22, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini cukup populer di Belitung.

Berego juga cocok untuk disandingkan dengan gangan. Gurih manis rasa yang timbul akan membuatmu makan terus! Harga satu porsinya mulai dari Rp20 ribu.

Sudah pilih hidangan yang akan kamu santap ketika pertama tiba di Belitung? Jika waktu liburanmu panjang, boleh kok mencicip semuanya! Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya