6 Rekomendasi Tempat Kursus Diving di Jakarta. Berapa Harganya Ya?

Kliknusae.com – Diving atau free dive alias selam bebas cukup populer sebagai salah satu jenis olahraga yang menantang dan berisiko. Namun demikian hal ini bakal sepadan dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan memanjakan mata kamu.

Meskipun terlihat mudah, jangan meremehkan free dive karena tingkat risikonya yang tinggi. Jika kamu ingin melakukan free dive, tidak sulit untuk mencari tempat kursus di Jakarta.

Aktivitas free dive berbeda dengan scuba diving karena dilakukan tanpa menggunakan alat bantu bernapas atau Self Contained Underwater Breathing Apparatus (SCUBA). Peralatan seperti masker, sirip dan baju yang digunakan pun berbeda.

Jadi, untuk menjadi seorang free diver, kamu harus mempelajari dan mengambil sertifikat yang diperlukan sebagai jaminan mengurangi risiko yang kamu hadapi.

Berikut daftar enam rekomendasi tempat kursus diving di Jakarta.

Flying Fish Jakarta

Flying Fish Jakarta merupakan pusat latihan diving yang beralamat di jalan Mt. Haryono, Jakarta Selatan. Dengan mengikuti dive course  di sini, kamu akan mendapatkan pelatihan lengkap, mulai dari teori di kelas, teori di kolam renang, hingga latihan terjun langsung ke laut.

Sayangnya, Flying Fish Jakarta tidak mencantumkan harga untuk bisa mengambil kelas diving. Jadi, Kamu harus datang langsung ke kantor dan nantinya akan dijelaskan detail tentang persyaratan dan pembayaran pelatihan.

Lautanmas, Jakarta

Salah satu operator dive yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk mendapatkan lisensi menyelam adalah Lautanmas yang terletak di Jl Toko Tiga No 24, Jakarta Barat. Program pelatihan tersedia dalam tiga paket. Kamu sudah bisa mengikuti latihan untuk mendapatkan lisensi menyelam.

Paket private bisa kamu ambil dengan membayar biaya pendaftaran Rp 5 juta, sedangkan reguler adalah Rp 2,75 juta. Semua harga ini belum termasuk biaya trip ke pulau.

Selain harga, yang membedakan kedua paket ini adalah waktu latihan. Untuk private waktu latihannya lebih fleksibel. Jumlah peserta di private juga lebih sedikit, walau hanya dua atau bahkan satu, kamu tetap bisa berangkat ke pulau.

Let’s Freedive Course and Education Center

Jika kamu bergabung di tempat kursus ini, kamu akan berlatih di kolam selam Kopasus Cijantung yang berkedalaman 16 meter. Tentunya kamu akan selalu berpasangan dengan buddy karena peraturan free dive adalah tidak boleh menyelam sendirian.

Jika kamu sudah mahir akan mendapatkan sertifikat AIDA yang tersedia di sini. Kamu bisa mengikuti open water session agar memperoleh pengalaman menyelam bebas di laut lepas yang menantang. Kursus ini terletak di Jl. RA. Fadillah, RT.1/RW.5, Cijantung, Kec. Ps. Rebo, Jakarta Timur.

Apnea Culture

tempat kursus diving di jakarta

Sumber: klook.com

Apnea Culture berdiri sejak tahun 2013. Tempat ini bisa jadi pilihanmu belajar sekaligus membeli peralatan selam. Apnea Culture pernah menjadi pelaksana Indonesia Apnea Competition pada tahun 2019.

Jika kamu penasaran dengan dunia free diving, kamu juga bisa mengikuti berbagai diskusi online yang infonya bisa kamu peroleh di Facebook atau Instagram resminya.

Berbagai peralatan free dive seperti masker, sirip, nose clip, bag pack atau sarung tangan tersedia dengan banyak pilihan di sini. Bahkan, jika kamu ingin mencoba spear fishing, bisa memperoleh alatnya di Apnea Culture, lho!

ODY Dive Centre

Tempat ini menyediakan kursus, ritel, penyewaan, jasa dan wisata. ODY Dive  membantu kamu merasakan petualangan eksplorasi bawah air dan scuba diving dengan tetap menjaga standar tertinggi untuk pelatihan penyelam, keselamatan, dan layanan pelanggan.

Tempat kursus selam ini terletak di Menteng, Jakarta Pusat. Di sini, kamu akan dipandu oleh instruktur diving yang berpengalaman, bahkan sebelum menyelam.

Guerilla Dive Courses

Guerilla Adventure awalnya adalah komunitas orang-orang dengan berbagai keahlian dalam aktivitas luar ruangan, seperti mendaki gunung, memanjat, fotografi, dan tentu saja scuba diving. Setelah itu kegiatan dalam Guerilla Adventure lebih difokuskan pada kegiatan scuba diving. Guerilla Dive Indonesia didirikan dan menjadi industri selam profesional pada Agustus 2004.

Sebagai pusat penyelaman, Guerilla Adventure mengatur dan memperbarui sistem pendidikan, jaringan, fasilitas, pengetahuan, dan keterampilan dengan standar keamanan yang tinggi untuk melayani para penyelam pemula.

Tempat kursus ini berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 12, Cilandak, Jakarta Selatan. Mereka juga melayani workshop diving di Jalan H. Junaedi No. 14, Cipete Selatan. Guerilla Dive Indonesia juga telah terdaftar di SSI (Scuba Schools International) dan mendirikan basis di Pulau Sepa, Pulau Pari dan Pulau Panun Paradise-Misool Raja Ampat untuk mendukung kegiatan toko selam, sekolah menyelam dan kursus menyelam.

Melihat keindahan alam bawah laut Indonesia lewat foto, pasti akan membuatmu ingin menikmatinya secara langsung. Diving adalah salahsatu caranya. Untuk itu, kenapa kamu wajib ikut kursus jika ingin melakukan free diving.

Untuk memperkaya pengetahuan tentang menyelam bebas, lebih baik belajar dengan bimbingan instruktur. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendapat tips yang terarah sehingga membantu perkembangan free diving yang kamu lakukan.

Bagaimana, sudah menentukan tempat untuk kamu mencoba free dive? kamu tak akan menyesal lho! Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya