Menikmati Pesona Keindahan Waduk Darma Kuningan

Aktivitas memancing dan berperahu mengelilingi waduk bisa dinikmati pengunjung di Waduk Darma. (Foto JalajahNusae/Iwan)

Klik nusae – Waduk Darma, sebuah waduk buatan yang terletak di Desa Darma, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lanskap hamparan air danau dengan latar pegunungan, ditambah udara segar sungguh memanjakan mata dan mempesona. Itulah daya tarik Waduk Darma, membuat siapa pun yang berkunjung tak akan pernah melupakannya.

Menurut warga setempat, dibuat oleh Mbah Satori (Mbah Dalem Cageur) pada zaman para wali masih hidup. Danau buatan ini berfungsi sebagai bendungan irigasi dengan luas areal mencapai ±425 ha, dengan kapasitas genangan air maksimum 39.000.000 m3. Sumber airnya berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah Waduk Darma dan dari hulu Sungai Cisanggarung.

Kini, Waduk Darma berkembang menjadi destinasi wisata favorit di wilayah Kuningan. Lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Cirebon – Kuningan – Ciamis. Hanya berjarak sekitar 12 km ke barat daya dari pusat kota Kuningan atau sekitar 47 km dari Kota Cirebon.

Selain menikmati keindahan panorama alam, pengunjung pun dimanjakan dengan fasilitas rekreasi yang dapat dinikmati bersama keluarga, seperti perahu motor yang akan mengantar mengelilingi waduk, taman bermain anak-anak, flying fox, mini train, camping ground, area memancing, pusat kuliner, kios cinderamata, panggung serbaguna, lapang bola, mushola, toilet umum, dan areal parkir. Pada saat-saat tertentu digelar pentas panggung kesenian Waduk Darma. Wisatawan juga bisa menginap di sekitar kawasan. Tersedia penginapan dengan harga cukup terjangkau.

Berbekal keindahan yang mempesona itulah, baru-baru ini Waduk Darma dicanangkan akan dikembangkan menjadi destinasi wisata bertaraf Internsional oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil saat memperingati Hari Air di Waduk Darma, 25 Maret 2019 lalu, mengaku memiliki beberapa gagasan, yakni membangun alun-alun kecil di pulau kecil di tengah waduk. Kemudian Ia pun akan membangun landmark, menara, dan restoran di tengah air.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya