Jadi Ikon Jawa Barat, Pangandaran Perlu Dikenalkan Kepada Dunia

Green Canyon, salah satu destinasi kebanggaan Kabupaten Pangandaran ( Foto Aditya-jelajah Nusa )

Klik nusae – Memiliki banyak objek wisata yang eksotik dan menarik, Pangandaran telah menjadi ikon Pariwisata Jawa Barat. Bagi para wisatawan, Pangandaran merupakan salah satu destinasi pilihan utama di Jawa Barat.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat, Cecep Rukmana mengatakan Pangandaran memiliki kondisi alam yang menguntungkan. Selain berada di teluk, terdapat semenanjung sebagai cagar alam yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

“Ada suatu keanehan karena Pangandaran ini narrow neck, berada di teluk tapi ada semananjung yang menjorok ke laut. Jadi di kiri ada pantai, di kanan juga ada pantai. Dan di tengah-tengahnya ini semenanjung yang dijadikan cagar alam,” kata Cecep.

Cecep mengatakan, Pangandaran kini mengalami perkembangan setelah dilakukan relokasi pedagang kaki lima yang sebelumnya tak beraturan. Hal itu, lanjut Cecep, merupakan langkah berani pemerintah daerah untuk menata kawasan wisata Pangandaran.

“Relokasi ini bisa menambah daya tarik wisatawan karena ditata agar menjadi menarik. Dari situ juga pemerintah menambah fasilitas, dan sekarang ada Kampung Turis untuk kuliner,”.

Menurut Cecep, untuk menjelajahi setiap objek wisata yang ada di Pangandaran tidak cukup hanya dengan waktu singkat. Sebab, kata dia, untuk menikmati salah satu objek wisata bisa memakan waktu lebih dari dua jam.

“Tidak cukup hanya dua atau tiga hari, harus seminggu. Karena objek wisata di sini cukup banyak dan menawarkan tantangan yang menarik, seperti Green Canyon, Batu Lumpang, dan Sport Water, dan tidak kalah dengan daerah lain seperti Bali”.

Pantai yang landai merupakan daya tarik wisatawan ( Aditya -Jelajah Nusa )

Dia berharap Pemerintah dan Kelompok Masyarakat Penggeran Pariwisata (Kompepar) Pangandaran bisa mengadakan festival-festival yang bisa menambah daya tarik pengunjung. Menurut dia, agenda-agenda tahunan di tempat wisata bisa membuat wisatawan ingin kembali berkunjung.

“Kita berharap bisa dibuat agenda tahunan dan event-event tahunan yang berskala internasional. Saat ini ada Kite Festival dan Surfing Tournament, kalau itu berskala internasional bisa menarik wisatawan mancanegara lebih banyak lagi”..

Perkembangan Pangandaran, kata Cecep, tidak lepas dari peran masyarakat yang mendukung industri pariwisata.

“Yang menarik lagi, masyarakat Pangandaran khususnya Kompepar saling berkerjasama untuk mengembangkan industri pariwisata. Bahkan secara swadaya, masyarakat bisa mengembangkan objek wisata seperti Green Canyon dan Batu Lumpang,” ucap Cecep. ( Aditya )

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya