Event Karya Kreatif dan Pekan Kerajinan Jawa Barat Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas

KLIKNUSAE.com –  Event tahunan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) resmi dibuka, Jumat 28 Juni 2024 di Trans Convention Center, Kota Bandung.

Turut hadir dalam pembukaan  tersebutr Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Herman Suryatman

Pantauan Kliknusae.com, Atrium Trans Studio Mall sebagai venue acara Karya Kreatif Jawa Barat yang sudah berjalan enam tahun cukuo ramai.

BACA JUGA: West Java Tourism Talk, Menakar Kinerja Sektor Pariwisata Jawa Barat

Ditambah lagi dengan tampilnya beberapa stand di arena Pekan Kerajinan Jawa Barat yang sudah memasuki tahun ke-17, membuat suasana semakin gebyar.

Pada kesempatan itu Herman Suryatman mengemukakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat UMKM.

Sehingga mereka diharapkan bisa naik kelas sekaligus sebagai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia.

“Mudah-mudahan kita akan sempurnakan. Tahun depan menjadi satu kegiatan yang terintegras. Dimana, ending -nya adalah bagaimana kita gas pol meningkatkan derajat UMKM agar naik kelas,” kata Herman dalam sambutan.

BACA JUGA: PKJB 2023 Momentum Pelaku Kriya Bangkitkan Kerajinan Jawa Barat

Ia mengungkapkan pula UMKM di Jabar harus menjadi yang termaju di tingkat nasional.

“Kegiatan ini Pak Menteri, kami dedikasikan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas UMKM,” ujar Herman.

“Mudah-mudahan dampaknya dapat meningkatkan kebanggaan kita terhadap buatan Indonesia, juga bangga berwisata di Indonesia, khususnya di Jawa Barat,” sambungnya.

Bangga Melihat Kolaborasi Apik

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi dan bangga melihat kolaborasi apik dari Pemda Provinsi Jabar dengan stakeholders dalam menyelenggarakan kegiatan.

BACA JUGA: Garut Hebohkan Karnaval KKJ-PKJB 2023, Begini Respon Ridwan Kamil

Menurut Zulkifli, kolaborasi merupakan kata kunci untuk mencapai tujuan menyejahterakan masyarakat.

“Saya bangga dan senang, ini contoh kerja sama. BI secara konsisten terus menerus mendukung, mengembangkan, membantu pembiayaan, mempromosikan UMKM kita. Juga pemerintah daerah, ini luar biasa,” ungkap Zulkifli.

“Itulah kata kunci, memang kita harus kerja sama. Kolaborasi seluruh pihak, pemda, perbankan, pemerintah pusat, tentu teman-teman DPR,” imbuhnya.

BACA JUGA: Aplikasi Temu Mirip TikTok Bisa “Obrak-abrik” Tata Niaga UMKM Indonesia

Di akhir acara, pelaku UMKM terbaik mendapatkan Token Of Appreciation yang diberikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Penghargaan QRIS Jelajah Indonesia tersebut diberikan kepada:

  1. Project Owner Investment Challenge yang mendukung UMKM dibidang ketahanan pangan yang diwakili dari perwakilan Kabupaten Ciamis.
  2. Pelaku UMKM kerja sama antar daerah di bidang ketahanan pangan, diwakili Toko Daya Cabai, Kabupaten Pangkal Pinang.
  3. Kick Off QRIS Jelajah Indonesia untuk mendukung Digitalisasi UMKM yang diwakili oleh pejuang QRIS Jawa Barat.
  4. Pelaku UMKM ekspor yang diwakili kluster kopi Wanoja Kabupaten Bandung. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya