850 Orang Peserta Mudik Gratis 2024 Asal Bandung Dilepas Sekda Jabar Herman Suryatman

KLIKNUSAE.com – Sebanyak 850 orang mengikuti Mudik Gratis 2024 yang dilepas  Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Sabtu 6 April 2024.

Menurut Suryaman untuk mengangkut para pemudik ini pihaknya mengerahkan 17 armada bus, bekerjasama dengan Jasa Raharja dan beberapa stakaholder lainnya.

Ia pun berharap,  program Mudik Gratis 2024 dapat membawa kebahagiaan bagi masyarakat Jawa Barat menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Dari kegiatan Mudik Gratis, harapannya masyarakat bahagia, mudah-mudahan masyarakat bahagia. Karena tugas pemerintah adalah menyejahterakan dan membahagiakan masyarakat,” ucap Herman.

BACA JUGA: Setengah Penduduk Indonesia Diperkirakan Bakal Mudik Lebaran di Tahun 2024

Ditambahkan Herman, Mudik Gratis juga menjadi salah satu upaya mengakomodir masyarakat. Yakni, agar dapat melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman, sekaligus dapat mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Mudik Gratis ini adalah salah satu atensi dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat Jabar agar bisa melaksanakan mudik dengan lancar,” katanya.

Rute Bandung-Cilegon

Herman melaporkan,  850 pemudik dari Terminal Leuwipanjang ini akan menempuh  dua rute mudik yakni Bandung – Cilegon (Merak), dan Bandung – Sukabumi.

Sementara di Terminal Cicaheum Kota Bandung, terdapat rute Bandung – Yogyakarta (Giwangan), Bandung – Solo (Tirtonadi), Bandung – Tasikmalaya (Indihiang), Bandung – Pangandaran.

BACA JUGA: Lebaran Masih Jauh, Tiket Kereta Api Mudik Sudah Terjual 210 Ribu Lebih

Kemudian di Terminal Jatijajar Depok, terdapat rute Depok – Yogyakarta (Giwangan), dan Depok -Solo (Tirtonadi).

Sedangkan Terminal Cileungsi Kabupaten Bogor dengan rute Bogor – Yogyakarta (Giwangan).

Tak hanya mudik keluar Jawa Barat, terdapat pula rute mudik menuju Jawa Barat. Seperti rute Yogyakarta (Giwangan)- Bandung (Cicaheum), dan Yogyakarta (Giwangan) – Kuningan (Kertawinangun).

BACA JUGA: Ajakan Bupati Bandung agar Pemudik Berlibur ke Objek Wisata

Herman menyatakan, masyarakat sangat antusias mengikuti program Mudik Gratis tersebut. Adapun berdasarkan data Dinas Perhubungan Jawa Barat pada 6 April 2024, sebanyak 2.192 kursi dari kuota 3.199 kursi Mudik Gratis sudah terisi.

Bus yang digunakan dalam Mudik Gratis dipastikan dalam kondisi prima setelah melewati berbagai proses pengecekan.

Begitu juga supir maupun kru bus dipastikan dalam keadaan sehat dan bugar. Dengan demikian, diharapkan perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan lancar.

“Insyaallah ini sudah dikoordinasikan dengan baik oleh Pemda Provinsi Jabar dan Terminal Leuwipanjang. Supirnya sudah dicek, sehat-sehat semuanya. Bebas dari narkoba, karena kami harus menjamin keselamatan sampai di tujuan,” pungkas Herman. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya