Menteri Sandiaga Pesan Ini dalam Pelantikan dan Rakernas PUTRI di Bali

KLIKNUSAE.com  – Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) mengukir babak baru dalam dunia pariwisata. Yakni, dengan menggelar Rakernas PUTRI (Rapat Kerja Nasional)  yang megah di Pulau Dewata.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI, Sandiaga Uno, dan beberapa pejabat terkait lainya..

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno tak hanya memberikan sambutan hangat, tetapi juga mengungkapkan dukungan penuh terhadap upaya PUTRI.

Khususnya, dalam upaya meningkatkan meningkatkan daya tarik sektor pariwisata Indonesia. Ia menyoroti peran krusial PUTRI dalam menghidupkan ragam jenis wisata.

BACA JUGA: DPD PUTRI Bali Membuka Diri Bekerjasama dengan Petani dan UMKM

Mulai dari museum, keindahan alam, seni budaya, hingga desa wisata, konservasi, dan hiburan anak-anak.

“PUTRI bukan sekadar wadah, tetapi benar-benar menjadi katalis positif bagi pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat daerah maupun nasional,” kata Sandiaga dalam sambutannya di acara pelantikan DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bali 2023-2026, Kamis 16 November 2023.

Acara yang juga dirangkaikan dengan  pembukaan  Rakernas PUTRI 2023 tersebut berlangsung di Ruang Kerta Gosana Kantor Bupati Badung, Badung, Bali.

Sementara itu, hari ini, Jumat-Sabtu, 17-18 November 2023,  kegiatan Rakernas PUTRI dilanjutkan di Prama Sanur Beach Bali Jl. Cemara, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

BACA JUGA: DPP PUTRI Teken Kerjasama dengan MATFA Malaysia, Ini Targetnya

Mendorong desa wisata menjaga budaya

Ditambahkan Sandiaga,  PUTRI sebagai komponen pariwisata Indonesia agar turut mendorong desa-desa wisata tetap menjaga budaya, lingkungan, dan adat-istiadat setempat.

”Desa wisata sudah mendapat pengakuan dunia. Ini akan menjadi daya tarik unggulan, bukan hanya di Bali, (tetapi) juga di Indonesia,” pesannya,.

Ditempat yang sama Ketua Umum PUTRI Hans Manansang, menegaskan bahwa Rakernas ini bukan sekadar pertemuan rutin. Melainkan pilar kuat yang akan memperkokoh organisasi, meningkatkan koordinasi, dan memberikan dampak positif.

BACA JUGA: Rakerda III DPD PUTRI Jawa Barat Lahirkan Rekomendasi, Apa Saja?

Rakerna PUTRI Bali

Sedangkan, Alexander Zulkarnain, Ketua Organizing Committee Rakernas PUTRI, membeberkan dimensi penting dari keamanan dan kenyamanan dalam kunjungan pariwisata.

Dalam konteks ini, para pelaku usaha pariwisata diminta untuk memastikan implementasi sepenuhnya terhadap aspek CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment).

Panggung Kolaborasi Produktif

Hal ini guna menjamin pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

“Rakernas PUTRI bukan hanya sekadar pertemuan, tetapi panggung kolaborasi produktif antara pemerintah, industri, dan masyarakat,” kata Alex.

BACA JUGA: DPD PUTRI Sumut Siap Bantu Penyaluran Rp 1 Miliar Donasi Korban Bencana Cianjur

“Semua itu, tak lain untuk memajukan sektor pariwisata menuju standar keamanan, kenyamanan, dan kesenangan bagi semua,” sambung Alex–yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PUTRI.

Acara yang begitu prestisius ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting. Termasuk Deputi Menteri Bidang Industri dan Investasi, Rizky Handayani.

Perwakilan Jawa Barat

Dudi Syarief, Perwakilan dari DPD PUTRI Jawa Barat saat menyampaikan beberapa gagasan dalam pengembangan sektor pariwisata nasional. Foto: Kliknusae.com/Dok

Kemudian hadir juga  Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan, Martini (Diah) Paham. Serta Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Tak ketinggalan, 12 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari seluruh Indonesia juga turut serta meramaikan dengan semangat tema besar, “Membangun Wisata Nasional Yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan.”

BACA JUGA: Pelaku Desa Wisata Se-Subang Berharap DPD PUTRI Lakukan ini

Utusan dari DPD PUTRI Jawa Barat Dudi Syarief mengingatkan para pelaku pariwisata untuk terus berkomitmen untuk menjaga faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

“Tiga faktor ini, menjadi  fondasi utama dalam menikmati pesona wisata,” kata Dudi.

Oleh sebab itu, kejadian-kejadian tidak diinginkan di beberapa lokasi wisata menjadi pemicu bagi PUTRI. Terutama, dalam upaya untuk terus memperbaiki standar keselamatan.

Tidak saja  dalam hal keindahan alam dan atraksi, tetapi juga perlindungan optimal bagi setiap pengunjung. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya