Indonesia Pecahkan Rekor Dunia, Angklung Terbesar dalam Guinness World Records

KLIKNUSAE.com – Dalam momen gemilang, Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pagelaran angklung terbesar yang telah diakui oleh Guinness World Records (GWR).

Pagelaran musik tradisional Jawa Barat, Sabtu malam 5 Agustus 2023 yang berlangsung di  Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu menjadi saksi kesuksesan luar biasa negara ini.

“Dengan partisipasi mencapai 15.110 orang, Indonesia telah mencatatkan diri di Guinness World Records,” ujar Sonia, selaku penilai resmi dari GWR, dengan bangga.

Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) berdiri tegak, menerima sertifikat rekor dunia tersebut, yang diwakili oleh Ny. Tri Tito Karnavian, sebagai penyelenggara kegiatan.

BACA JUGA: Angklung Tampil di Bahrain, Para Pengunjung Terpakau Tari Tradisional

Bahkan, momen yang sama menghadirkan kebahagiaan ganda ketika Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga menerima sertifikat penghargaan tersebut.

Rangkaian acara pun disajikan meriah, ribuan pemain angklung dengan penuh antusias memainkan lagu-lagu yang menyentuh jiwa.

Wind Of Change

Mulai dari masterpiece “Berkibarlah Benderaku” karya Saridjah Niung atau lebih akrab disapa Ibu Sud. Hingga lagu internasional yang tak terlupakan, “Wind Of Change” yang dipopulerkan oleh legendaris Band Rock, Scorpions.

Tak hanya diwarnai kehadiran masyarakat, tetapi juga disaksikan oleh para pemimpin negeri. Turut hadir Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: Wisatawan ke Saung Angklung Udjo Mulai Mengalir, Banyak Siswa Bertanya

Serta sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju. Momen tersebut menjadi momen bersejarah yang sarat makna, meneguhkan semangat kebersamaan dan kecintaan akan budaya bangsa.

Sebelumnya, rekor dunia serupa dipegang oleh acara yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat.

Ketika itu bekerjasama dengan  Badan Kerjasama Penanaman Modal (BKPM) di Washington DC pada tahun 2011.

Namun, kini, Indonesia membuktikan kehebatannya dengan menggeser rekor tersebut dengan partisipasi mencapai 15.110 orang!

Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya untuk semua peserta dan pihak penyelenggara atas pencapaian gemilang ini. Indonesia telah menunjukkan kepada dunia bahwa harmoni, kebersamaan, dan kecintaan pada budaya tak terkalahkan.

Semoga prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang dalam melestarikan warisan budaya bangsa. Maju terus Indonesia dan angklung terbesar sepanjang masa !  ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya