Kabupaten Bandung, Menapaki Kilau Pertumbuhan Baru di Jawa Barat

KLIKNUSAE.com – Kabupaten Bandung di Jawa Barat perlahan namun pasti menorehkan jejaknya sebagai daerah pertumbuhan baru dalam dekade mendatang.

Momentum positif terlihat dari sektor properti yang berkembang pesat. Termasuk,  usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang semakin menggeliat setiap tahunnya.

Sebagai wilayah yang kerap terlindung dalam gemerlap kota Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat, ternyata daerah ini memiliki potensi menjanjikan untuk menebar cahaya perekonomian di Jawa Barat.

Benjamen Sihombing, Kepala Kantor Bank BTN Wilayah I Jawa Barat, menjelaskan alasan di balik kehadiran Kantor Cabang Pembantu (KCP) BTN Soreang yang strategis. Yakni, tidak lain ingin merangkul dan mengabdi kepada masyarakat setempat.

BACA JUGA: Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan Tidak Cair, Coba Masuk Disini

“Dalam keberlimpahan, berdatanganlah peluang. Kehadiran kami di Soreang menjadi simbol dekatnya kami dengan masyarakat, dengan keyakinan ‘dimana ada gula, di situ ada semut,” ujarnya.

“Kami ingin menjalin kedekatan dengan hati yang tulus, strategi inilah yang memperkuat ikatan kami dengan seluruh masyarakat,” sambung  Benjamen usai peresmian KCP BTN Soreang pada Senin 17 Juli 2023.

Pertumbuhan sektor properti di Kabupaten Bandung sungguh menggoda hati, dengan angka lebih dari 30 persen di wilayah Jawa Barat.

KCP BTN Soreang

Namun, Benjamen menyadari perlunya pengembangan yang signifikan guna menaikkan taraf keberhasilan BTN Kanwil I Jawa Barat.

BACA JUGA: Lewat RUPSLB Bank bjb Rombak Jajaran Komisaris, Ini Tujuannya

“Sasarannya jelas, tahun ini kami bertekad untuk terus tumbuh sekitar 15 persen. Kita perlu merancang strategi yang cermat untuk mengembangkan potensi seluruh daerah. Terutama di Kabupaten Bandung yang kini kami pandang sebagai primadona dalam pertumbuhan ekonomi,” paparnya.

Tak hanya pada sektor properti, KCP BTN Soreang juga diharapkan mampu mendekatkan bisnis properti kepada masyarakat.

Serta menciptakan kolaborasi yang sinergis dengan para pelaku usaha dan asosiasi properti setempat.

“Tak terbendungnya kemajuan asosiasi pengembang seperti REI, Apersi, dan Himpera menjadi pembangkit semangat kami untuk menjadi mitra sejati dalam kemajuan bersama,” terangnya.

BACA JUGA: Ketua GIPI Haryadi Sebut Rendahnya Investasi Sektor Pariwisata Karena Pandangan Bank Seperti Ini

Ekositem Bisnis Properti

Benjamen juga mengharapkan peran aktif dari pemerintah daerah guna membuka jalan menuju ekosistem bisnis properti yang lebih berdaya.

Ia menyaksikan Kabupaten Bandung sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru yang mampu menandingi kejayaan Bodetabek terhadap Jakarta di era 1980-an.

“Kabupaten Bandung adalah tumpuan kami, yang tak hanya dekat dari Kota Bandung, tetapi juga berfungsi sebagai penopang keberlangsungan,” katanya.

BACA JUGA: PP 24 Tahun 2022, Permudah Pelaku Ekraf Dapat Pembiayaan Bank

“Konsentrasi kami jelas, sebagaimana Bodetabek terhadap Jakarta. Saya yakin, dalam lima hingga 10 tahun mendatang, Soreang akan menjadi sentra pertumbuhan utama bagi Jawa Barat. Infrastruktur, teknologi, dan semangat kita telah terbentuk. Saatnya serius memajukan dunia properti,” tegasnya.

Tak hanya berfokus pada sektor properti, Bank BTN pun menjunjung tinggi komitmennya dalam mendukung UMKM di Kabupaten Bandung.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit permodalan menjadi tombak utama untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang begitu berarti bagi wilayah ini.

BACA JUGA: bank bjb Pastikan Perlindungan Hak-hak Nasabah Sebagai Prioritas

Bukan hanya kata-kata, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana, menyambut kehadiran Bank BTN dengan harapan besar akan akselerasi pertumbuhan bisnis di wilayah yang kaya akan perumahan subsidi.

“Tak pernah surut semangat kami untuk melihat lebih jauh, ke masa depan. Ke depan, kami berharap Bank BTN dapat menyajikan beragam program yang mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Inilah langkah nyata untuk membangun perekonomian yang terus tumbuh setelah badai Covid-19 yang pernah melanda. Kabupaten Bandung menapaki kilau pertumbuhan, menjadi cermin bagi daerah-daerah lain untuk meraih cahaya gemilang di masa depan. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya