Beberapa Kendaraan Tertimpa Batu di Cadas Pangeran Sumedang

KLIKNUSAE.com – Sedikitnya ada tiga kendaraan roda empat (mobil) tertimpa batu besar di jalur Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu petang 29 Oktober 2022.

Baru-batu yang menimpa mobil ini berjatuhan dari sisi tebing sebelah kanan yang mengarah ke Sumedang dari Bandung.

Belum diketahui, apakah ada korban jiwa dalam musibah tebing longsor tersebut. Namun, sampai berita ini diturunkan beberapa petugas sedang mengurai kemacetan.

Sebuah video yang diabadikan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang Nana Mulyana–yang kebetulan melintas di lokasi terlihat beberapa kendaraan masih terogok.

BACA JUGA: Pelaku Pariwisata Sumedang Minta Pemprov Jabar Antisipasi Pembukaan Tol Cisumdawu

Sementara, longsoran tanah bercampur menutupi badan jalan sehingga mengakibatkan arus kendaraan dari Bandung-Sumedang dan sebaliknya macet total.

“Bagi yang ingin melakukan perjalanan menuju Sumedang atau sebaliknya, sebaiknya menghindari jalan Cadas Pangeran. Macetnya parah,” kata Nana Mulyana.

Menurut penjelasan salah seorang saksi mata, longsoran tanah yang disertai mengelindingnya batu-batu besar diawali dengan suara bergemuruh dan seperti suara tabrakan kendaraan.

BACA JUGA: Tanah Longsor Sumedang Tak Mempengaruhi Kawasan Objek Wisata

“Saya langsung lari ke atas jalan Cadas Pangéran dan ternyata batu yang menempel berjatuhan menimpa dua kendaraan SUV. Salah satunya ber plat nomor B 2622 UBB Honda Freed,” ujar warga bernama Rohaeti (60), warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi longsor.

Ia mengemukakan,  longsor di wilayah tersebut sudah seringkali terjadi, hampir tiap tahun pasti saja ada longsor di jalan Cadas Pangeran.

Berdasarkan catatan Kliknusae.com, di lokasi yang sama pada Rabu sore 12 Januari 2022, sekira pukul 15.00 WIB juga terjadi tanah longsor.

Ketika itu batu cadas dengan bulatan cukup besar longsor, kemudian menimbun jalan hampir setengah badan jalan dengan panjang sekira dua meter. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya