AHLI Gelar Rembug Kebangsaan Pariwisata Nasional 2022, Dihadiri Menparekraf

KLIKNUSAE.com – AHLI atau Association of Hospitality Leaders Indonesia akan menggelar Rembug Kebangsaan Pariwisata Nasional 2022, Senin 15 Agustus 2022.

Event yang berlangsung dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini mengambil  tema Soliditas Antar-Sektor Pariwisata Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Tahun 2021 lalu ketika asosiasi profesi ini baru terbentuk, AHLI juga menggelar kegiatan yang sama dengan tema Kolaborasi SDM Pariwisata dalam Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Nasional.

“Terkoneksi dengan tema tahun lalu kita semua berharap agar semangat kolaborasi antar stakeholder ini tidak berhenti pasca pandemi COVID-19, bahkan sebaliknya harus semakin dikuatkan” kata I Ketut Swabawa, Ketua Umum DPP AHLI kepada Kliknusae.com, Minggu 14 Agustus 2022.

BACA JUGA: Ketua DPP AHLI Ketut Swabawa Minta Singapore Airlines Lebih Siap Masuk Bali

Pihaknya menjelaskan bahwa bergesernya tren kepariwisataan pasca pandemi ini ke arah HLL hospitality solutions dan wellness tourism.

Membutuhkan Kolaborasi Antar Sektor

Selain yang sudah terjadi yaitu nomad tourism dan digital tourism, membutuhkan kolaborasi antar sektor yang lebih implementative and impactful.

“Hygiene-Less contact-Low crowded hospitality solutions ini harus diimbangi dengan konsep Hi-Tech, Hi-Touch and Hi-Care,” jelasnya.

“Dan wellness tourism harus ditranslasikan bukan hanya berfokus pada aspek yang terdahulu. Seperti spa, massage, yoga dan sejenisnya. Namun kesan wellness yang terdapat juga pada 3 aspek pengembangan destinasi,” sambung Swabawa.

BACA JUGA: Tips Mengembangkan UMKM dari Menteri Investasi dan BKPM Bahlil

Ketiga aspek tersebut,kata Swabawa, yakni aksesibilitas yang nyaman bebas macet dan polusi, amenitas yang ramah lingkungan dan menawarkan otentisitas kearifan local.

“Tentu juga disertai atraksi yang mampu menggugah kejiwaan menjadi semangat, meningkatkan imun dan memberi kesegaran jiwa raga pengunjung,” kata pria yang tahun ini mendapatkan tugas menyusun / revisi modul Sapta Pesona di Era Society 5.0 di Kemenparekraf RI.

Hal tersebut diataslah, yang menurut Swabwa menjadi beberapa pertimbangan penting mengapa soliditas antar sektor usaha ini harus digaungkan terus.

Rembug Nasional di Setiap Daerah

Selain agenda utama Rembug Nasional tersebut, masing-masing Dewan Pimpinan Daerah AHLI se-Indonesia juga mengadakan kegiatan di wilayah masing-masing.

BACA JUGA: Desa Wisata Sebagai Embrio Kebangkitan Pariwisata di Era Next Normal

“Kami dari DPP AHLI telah menyurati semua DPD agar mengadakan kegiatan yang sifatnya kolaboratif. Yakni bersinergi dengan para stakeholder lainnya di daerah untuk mengadakan acara memeriahkan HUT RI,” ungkapnya.

Dengan demikian, rasa nasionalisme dan persatuan ini terasa nyata.

“Laporan yang telah masuk ada DPD yang mengadakan kegiatan bersepeda, donor darah, bantuan ke panti asuhan dan sebagainya,” ujarnya.

Kegiatan rembug nasional dilaksanakan dengan konsep virtual talkshow dengan mengundang sejumlah pakar dan tokoh pariwisata nasional seperti Prof. Azril Azhari, Ph.D, Dr. Hariyadi BS Sukamdani.

Hadir juga, Ferdi Arminius, MBA.,CHA.,CHGM, Panca Rudolf Sarungu, Robert Maningka dan lainnya.

Direncanakan pula Menparekraf RI, Sandiaga Uno, akan memberikan keynote speech di awal acara yang akan di-host oleh Budi Rahman (Sekjen DPP AHLI) sebagai MC.

Lalu, Ketut Swabawa (Ketum DPP AHLI) sebagai Moderator dan Wishnu Handoko (Dewan Pertimbangan AHLI) sebagai perumus rekomendasi hasil talkshow. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya