Liburan Ke Pulau Belitung Lagi, 5 Destinasi Ini Menanti

KLIKNUSAE.com – Liburan ke Pulau Belitung lagi, ke mana objek wisata yang akan dituju? Pertanyaan ini sering muncul ketika kita berkunjung untuk ke sekian kalinya di pulau Laskar Pelangi tersebut.

Maklum, Kepulauan Belitung memang selalu membuat kangen karena banyak panorama indah yang bisa dinikmati. Apalagi, memasuki musim  panas, langit selalu biru dan sunset selalu menghadirkan rona jingga.

Jika kalian, sudah siap untuk kembali ke pulau ini, berikut 5 tempat wisata yang bisa diikunjungi. Baik untuk sekedar nongkrong menikmati khas kuliner Belitung. Maupun pemandangan pantai dan laut lepas:

1. Menikmati indahnya Pantai Laskar Pelangi

Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi di Kecamatan Sijuk, Belitung, yang terkenal sebagai latar film Laskar Pelangi. Rasanya, menjadi daftar wajib sebelum meninggalkan Belitung.

Pantainya memesona dengan bebatuan granit menjulang tinggi. Airnya biru jernih dan pasirnya halus. Seolah bersinergi melepas penat siapapun yang berkunjung ke tempat ini.

BACA JUGA: Wawancara Eksklusif Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi: Soal Sampah di Pantai

Pengelola juga menyediakan tangga untuk pengunjung yang ingin memanjat beberapa batu. Wisatawan bisa mencari tempat ternyaman untuk menikmati pemandangan.

Tak ada tarif masuk resmi ke pantai ini. Sehingga wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Wisatawan bisa bermain air atau bersantai di pasir sambil menunggu matahari terbenam.

Mie Kuning Kaldu Ayam

2. Menyantap mi belitung legendaris

Wisatawan bisa mengawali hari dengan sarapan di kedai mi legendaris, Mie Belitung Atep. Tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1973 di Jalan Sriwijaya Nomor 27.

Tepatnya di kawasan Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Mie Atep Belitung disajikan dengan unik, di sebuah piring dengan alas selembar daun simpur di atasnya.

“Daun simpur yang hanya bisa ditemukan di Belitung. Daun ini, selain menambah aroma wangi. Juga tahan panas, sehingga digunakan sebagai alas. Saya kirim langsung untuk cabang di Gading-Serpong, Mangga Besar, dan Petak Enam,” kata pemilik kedai Mie Atep Belitung, Bu Atep, baru-baru ini.

Rasanya cenderung manis dan gurih. Mi kuning berpadu dengan kentalnya kuah kaldu udang. Dilengkapi irisan kentang rebus, tahu, emping, dan telur rebus. Seporsinya seharga mulai Rp 20.000.

Perahu Nelayan Pantai Tanjung Kelayang

3. Island hopping atau jelajah pulau

Kegiatan paling populer yang satu ini tak boleh dilewatkan. Wisatawan harus menikmati pesona pantai dan gugusan pulau indah di sekitar Pulau Belitung.

Berawal dari dermaga di Pantai Tanjung Kelayang. Wisatawan bisa melakukan island hopping ke beberapa pulau. Dengan menyewa langsung satu kapal kayu yang terparkir di bibir pantai.

BACA JUGA: Menikmati Keindahan Pantai Burung Mandi Belitung Timur

Kapal ini adalah milik nelayan lokal di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Bisa disewa dengan tarif mulai Rp 500.000 untuk kapal ukuran sedang berkapasitas hingga 10 orang.

Dan mulai Rp 800.000 untuk kapal ukuran besar berkapasitas hingga 20 orang.

“Nanti wisatawan akan dibawa keliling ke pulau-pulau populer di sekitar sini. Itu sudah ikut peralatan snorkeling, bisa snorkeling di spot-spot bagus seperti dekat Pulau Lengkuas,” tutur pemandu bernama Momon.

Pantai Tanjung Kelayang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Tanjung Pandan.

Biasanya wisatawan tinggal duduk di perahu dan rute island hopping akan ditentukan pemilik perahu. Namun, wisatawan juga bisa menentukan sendiri tempat mana saja yang ingin dituju.

Adapun sejumlah pulau yang bisa disinggahi. Yaitu Pulau Batu Garuda, Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas dengan mercusuarnya, dan Pulau Kelayang.

Kopi Legendaris

4. Nongkrong di Kong Djie Coffee

BACA JUGA: Jarang Orang Tahu, 9 Tempat Wisata di Bangka Belitung Ini Bikin Kamu Betah Liburan!

Kedai kopi legendaris sejak tahun 1973 ini sangat terkenal di kalangan warga Belitung dan wisatawan.

Meski tampak sederhana dengan bangunan kayu dan dinding tripleknya, namun nuansa klasik warung kopi Kong Djie sangat menyenangkan.

Wisatawan bisa memesan segelas Kopi O. Salah satu menu andalan kedai kopi ini, yang terdiri dari kopi hitam pekat dan kental. Harganya mulai dari Rp 8.000 untuk gelas kecil dan Rp 10.000 untuk gelas berukuran besar.

Berikutnya, tersedia pula kopi susu. Perpaduan kopi dan susu kental manis ini dapat dibeli dengan harga serupa. Kedua menu ini tersedia dalam versi panas dan dingin (es).

5. Mengunjungi surau tertua di Belitung

Jika sempat, mampirlah ke surau (masjid) tertua yang ada di Pulau Belitung, Masjid Al-Ikhlas (Masjid Sijuk). Lokasinya persis di ujung tikungan Jalan Penghulu, Desa Sijuk, Kabupaten Belitung.

Masjid ini merupakan satu-satunya masjid yang masih ada dari empat masjid pertama di daerah Kecamatan Membalong.

Meski sudah berusia lebih dari dua abad. Masjid Sijuk masih mempertahankan desain awalnya sejak dibangun pada awal abad ke-19 Masehi. Yakni berupa dinding kayu yang didominasi warna coklat tua.

Gimana? Sudah siap liburan ke Pulau Belitung lagi ? ***

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya